Bulan Imunisasi Anak Nasional, Hanya Targetkan 144 Anak

user
danar 15 Agustus 2022, 09:10 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Kementerian Kesehatan menggulirkan program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahap II. Khusus di Kota Yogya target atau sasarannya tidak banyak hanya 144 anak. Hal ini lantaran tingkat kesadaran orangtua dalam mengikuti imunisasi bagi anaknya dinilai cukup tinggi.

Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Menular dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Yogya Endang Sri Rahayu, mengungkapkan program BIAN tahap II di Kota Yogya digulirkan pada bulan ini. "Jumlahnya memang tidak banyak karena hanya bersifat melengkapi status imunisasi dasar atau lanjutan bagi anak yang belum menerima vaksin sesuai usia," ungkapnya, Minggu (14/8/2022).

Program BIAN dari Kementerian Kesehatan tersebut digelar di seluruh wilayah Indonesia. Pada tahap I telah digelar di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua, sedangkan tahap II kali ini di Jawa dan Bali. Program ini menjadi salah satu strategi yang dilakukan pemerintah karena terjadi penurunan cakupan imunisasi dasar lengkap atau lanjutan bagi anak di bawah dua tahun dalam lima tahun terakhir. Akibatnya, kekebalan kelompok dikhawatirkan tidak akan tercapai.

Endang menambahkan pelaksanaan imunisasi dalam program BIAN dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan atau puskesmas. Beberapa puskesmas bahkan melakukannya bersamaan dengan pelaksanaan imunisasi rutin. Jenis vaksin yang diberikan ke balita sasaran pun berbeda-beda disesuaikan dengan kekurangan vaksin yang belum diberikan kepada anak sesuai usia.

"Bisa vaksinasi IPV, DPT-HB-Hib atau campak-rubella. Jadi, tergantung kekurangan vaksin yang belum diterima anak usia 12-59 bulan," imbuhnya.

Diakuinya, masyarakat di Kota Yogya memiliki kesadaran yang cukup tinggi untuk mengakses vaksinasi meskipun di masa pandemi Covid-19 yang berlangsung selama dua tahun terakhir.

"Sasaran vaksinasi BIAN tidak terlalu banyak, karena masyarakat menyadari pentingnya vaksinasi untuk membangun kekebalan tubuh balita terhadap berbagai penyakit," tandasnya yang menyebut rata-rata capaian imunisasi dasar dan sudah mencapai 96,58 persen.(Dhi)

Credits

Bagikan