BSI Kampanyekan Kurangi Sampah Plastik di Mandiri Jogja Marathon

user
danar 12 Agustus 2022, 16:50 WIB
untitled

SLEMAN, KRJOGJA.com - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus melakukan edukasi masyarakat untuk mengurangi sampah plastik. Langkah ini bertujuan mendukung ekonomi hijau di Indonesia, sekaligus meningkatkan kepedulian publik terhadap lingkungan. Salah satu implementasinya dengan menjadikan ajang Mandiri Jogja Marathon (MJM) 2022 sebagai upaya meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap dampak yang ditimbulkan oleh sampah plastik pada lingkungan.

Corporate Secretary PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Gunawan Arif Hartoyo mengatakan BSI sebagai bank syariah terbesar di Indonesia akan terus berpartisipasi aktif dalam usaha-usaha pemerintah mewujudkan program ekonomi hijau guna menjaga ekonomi berkelanjutan yang pro People, Planet, dan Profit (3P). Melalui MJM 2022, BSI mengajak semua pihak untuk semakin peduli pada lingkungan, dimana salah satunya adalah mengurangi sampah plastik.

"Berdasarkan studi National Plastic Action Partnership 2020, Indonesia menjadi negara penyumbang sampah plastik terbesar urutan ke-2 di dunia dan sebanyak 72% masyarakat Indonesia masih tidak peduli akan pengelolaan sampah plastik dari KLHK RI. Atas dasar keprihatinan tersebut, BSI akan terus berkomitmen dan ikhtiar bersama-sama bisa mengurangi jumlah sampah plastik di Indonesia," tuturnya di Pendopo Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Jumat (12/8/2022).

Untuk mengurangi sampah plastik ini, BSI berkolaborasi dengan Plasticpay dengan menempatkan reverse vending machine (RVM). Khusus di MJM 2022, vending mesin sampah plastik tersebut akan ditempatkan di Royal Ambarrukmo Yogyakarta dan kawasan Candi Prambanan.

Masyarakat bisa berpartisipasi dengan menukarkan botol plastik dengan uang. Transaksi dilakukan melalui BSI Mobile yang mana masyarakat bisa langsung membuka rekening BSI untuk dapat melakukan transaksi tersebut.

"Kerja sama antara BSI dan Plasticpay merupakan kolaborasi untuk menjalankan gerakan sosial berbasis platform digital dengan mengajak masyarakat mengolah sampah botol plastik yang merusak lingkungan menjadi bermanfaat. Selain itu juga membawa kebaikan multi dimensi melalui Reverse Vending Machine (RVM) dan Mini Collection Point (MCP) Plasticpay," tandas Gunawan.

Poin yang didapatkan dari menukar botol plastik, dapat ditukarkan melalui uang elektronik dengan cara penukaran poin melalui BSI Mobile. Lewat program ini, pencapaian dampak lingkungan akan terukur dan hasilnya dari program ini akan diinvestasikan kembali bagi program berkelanjutan. Total ada 50 unit RVM hasil kerja sama antara BSI dan Plasticpay Indonesia yang tersebar di Pulau Jawa dan Bali.

"Saya awalnya iseng-iseng mencoba mengumpulkan botol bekas air mineral saja. Begitu mendapatkan informasi ada penukaran botol bekas di BSI bisa ditukarkan dan bisa dimanfaatkan ya sudah saya mencoba menukarkannya di ajang MJM 2022 ini. Saya sudah menukarkan 25 botol yang dihargai Rp 50 ribu, lumayan bisa buat uang saku dan membantu menjaga kelestarian alam," ungkap salah satu nasabah BSI Ryan Aldi Nugroho. (Ira)

Kredit

Bagikan