Jelang ‘Nguras Enceh', Gandung Serahkan ‘Siwur'

user
ivan 12 Agustus 2022, 06:32 WIB
untitled

BANTUL, KRJOGJA.com - Anggota DPR RI Drs HM Gandung Pardiman MM menghadiri acara kirab siwur ke-21, Kamis (11/08/2022). Sebelum kirab dimulai digelar upacara di pelataran kantor Kapanewon Imogiri Bantul. Kirab siwur merupakan rangkaian kegiatan nguras enceh di Kompleks Makam Raja Yogyakarta di Pajimatan Imogiri, Jumat (12/08/2022) hari ini.

Dalam kirab tersebut diikuti Kalurahan, Wukirsari, Imogiri, Karangtalun, Kebonagung, Karangtengah, Selopamioro, Girirejo, Sriharjo. Dalam acara tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo, Penewu Imogiri, Slamet Santoso SIP MM.

Gandung mengatakan punya komitmen untuk menumbuhkan seni budaya di Kapanewon Imogiri. Karena dari seni dan budaya tersebut akan tumbuh sebuah ekonomi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Karena demo Giri kayak dengan seni dan budaya yang sarat dengan nilai-nilai luhur.

Ketua Forum Cinta Budaya Bangsa (Forcibb) Kapanewon Imogiri, Ir Sudaryanto MT mengatakan jika Kamis Wage 11 Agustus digelar kirab siwur rangkaian kegiatan nguras enceh. "Kegiatan ini sudah yang ke-21 laksanakan, tetapi dua kali tidak diadakan karena Covid-19," ujarnya. Prosesi kirab siwur dimulai dari Kapanewon Imogiri menuju kabupaten juru kunci Surakarta.

Setelah itu dilanjutkan menuju kabupaten Puroloyo Ngayogyakarta. Setelah dari dua lokasi tersebut, siwur dibawa ke Pasarean Pajimatan untuk disemayamkan sebelum prosesi nguras enceh dilaksakanan.

"Kirab siwur ini bagian dari piranti nguras enceh Jumat Kliwon tahun ini bertepatan tanggal 12 Agustus 2022," ujarnya. (Roy)

Kredit

Bagikan