Sultan Ditetapkan Gubernur DIY 2022-2027, Tak Ingin Ada Pesta Mewah Perayaan

user
Ary B Prass 09 Agustus 2022, 17:37 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - DPRD DIY resmi menetapkan Sri Sultan HB X dan Paku Alam X sebagai gubernur dan wakil gubernur DIY masa jabatan 2022-2027 melalui Rapat Paripurna Istimewa, Selasa (9/8/2022) siang. Usai ditetapkan, kini DIY tinggal menanti pelantikan oleh Presiden Joko Widodo yang diharapkan bisa dilaksanakan 10 Oktober 2022, tepat saat habis masa jabatan 2017-2022 .

Ketua DPRD DIY, Nuryadi mengatakan pihaknya sudah menyelesaikan tahapan sesuai Undang-Undang Nomor 13 tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY juga Peraturan Daerah terkait pengisian jabatan gubernur. Menurut Nuryadi, segala sesuatu berjalan lancar dan akhirnya dewan bisa menggelar Rapat Paripurna Istimewa Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur pada 9 Agustus ini.

“Setelah ini, kami akan teruskan hasil rapat paripurna ini kepada Presiden melalui Kemendagri dan harapannya bisa dilantik 10 Oktober 2022 mendatang. Kami berbarap, memohon ijin agar 55 anggota dewan bisa menyaksikan pelantikan pada 10 Oktober mendatang,” ungkap Nuryadi pada wartawan.

Sementara, Sri Sultan HB X mengapresiasi kinerja DPRD DIY yang bisa menyelesaikan tahapan pengisian jabatan gubernur dengan tepat waktu. Sultan berharap nantinya pelantikan bisa dilaksanakan tepat waktu karena masa jabatan 2017-2022 selesai pada 10 Oktober.

Terkait adanya keinginan perayaan dari masyarakat DIY, Sultan menyatakan tidak melarang adanya inisiatif itu. Namun secara khusus ia menegaskan tidak akan menggelar perayaan mewah untuk penetapannya sebagai gubernur untuk yang ketiga kali paska adanya Undang-Undang Keistimewaan.

“Saya tidak bisa memaksa tapi itu terserah masyarakat sendiri. Tapi harapan saya bukan saat ini, nanti setelah tanggal 10 Oktober. Karena pandemi masih ada dan ekonomi belum pulih saya berharap kesederhanaan dalam merayakan itu penting. Jangan sampai nanti kemewahan yang terjadi, saya hindari,” pungkasnya. (Fxh)

Kredit

Bagikan