Uniknya Kontes dan Karnaval Kambing di Acara 17-an Wonogiri

user
Ary B Prass 07 Agustus 2022, 12:57 WIB
untitled

WONOGIRI, KRJOGJA.com - Warga Dusun Ketro Desa Guwotirto  Giriworyo Wonogiri tumpah ruah memadati pekarangan kosong milik tokoh masyarakat setempat, Sabtu (6/8/2022) sore. Mereka menggelar acara unik yakni karnaval kambing untuk memeriahkan HUT Ke 77 Kemerdekaan RI di desa itu.

Ketua panitia H Sucipto yang juga Ketua Kelompok Tani Ternak (Klomtanak) Domba Mulyo Desa Guwotirto menyebutkan, selain meramaikan tujuhbelasan acara yang diikuti 25 anggota kelompok ini juga ada kontes ternak kambing serta kampanye pencegahan PMK.

"Di Klomtanak kami total ada 125 kambing yang ikut kontes sekitar 87 ekor, ini merupakan event perdana," kata pria yang biasa disapa Pak Cip.

Sebetulnya, imbuh dia, kabar akan adanya karnaval kambing serta kontes ternak ini banyak peternak luar daerah yang akan ikut bergabung. Namun untuk mengantisipasi penyebaran PMK maka pihaknya membatasi peserta hanya warga Ketro Guwotirto.

"Tapi nyatanya ada sejumlah peternak luar datang juga tapi untuk melakukan transaksi membeli kambing anggota kami," lanjut dia.

Ratusan kambing yang ikut karnaval datang dengan berbagai penampilan unik dan menarik. Ada yang dihias dengan hasduk, baju orang dewasa, pernak pernik, hingga ada yang diberi nama yang dikalungkan di lehernya.

Pak Cip mengatakan, saat kontes ada empat kategori yang dilombakan. Diantaranya kambing pejantan besar dan kecil (bakalan/anak kambing) serta kambing betina besar dan kecil (bakalan). Setiap kategori diambil juara 1 & 2.

Penilaian didasarkan pada postur kambing, seperti leher, kaki, kepala serta hiasan atau kostum yang dikenakan.

"Paguyuban Domba Mulyo  ini terbentuk  satu tahun lalu. Setiap malam Sabtu Wage kami rutin kumpul dan arisan untuk membahas perkembangan ternak. Sehingga diharapkan bisa lebih baik dan menjadi peternak sukses serta profesional," kata Sucipto sembari menyebutkan selama ini pihaknya melibatkan mantri kesehatan hewan kecamatan untuk mengasuh kelompoknya. (Dsh)

Kredit

Bagikan