Perizinan Pertambangan Kembali Diserahkan ke Propinsi

user
agus 04 Agustus 2022, 18:33 WIB
untitled

SLEMAN, KRJOGJA.com - Perizinan usaha tambang yang sebelumnya ada di pemerintah pusat kembali didelegasikan ke propinsi sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2022 tentang Pendelegasian Pemberian Perizinan Berusaha di Bidang Pertambangan Mineral dan Batubara. Perpres tersebut rencananya akan mulai berlaku Agustus nanti. Untuk itu saat ini Pemda DIY sedang menyiapkan beberapa hal, seperti berkaitan dengan perizinan dan sebagainya.

"Pada dasarnya kami siap dengan Perpres tersebut. Kami juga berharap ada kerjasama. Baik dari pemerintah daerah, pusat dan semua elemen yang ada di masyarakat," kata Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral DIY, Kusno Wibowo dalam Bimtek Pelayanan Usaha Mineral dan Batubara bersama anggota Komisi VII DPR RI DIY Kepada Pemegang Izin Usaha Pertambangan dan Batubara di Hotel Grand Keisha Depok Sleman, Kamis (4/8).

Sebelumnya masalah perizinan pertambangan sudah ada di propinsi. Namun kemudian dialihkan ke pusat dan seiring terbitnya Perpes tersebut, masalah perizinan pertambangan didelegasikan ke propinsi.

"Kita sesuaikan dengan regulasi terakhir dan kita siap. Harapannya perizinan pertambangan di DIY dapat berjalan baik. Dari sisi penggalian, lingkungan dan yang lain," tegasnya.

Anggota Komisi VII DPR RI Gandung Pardiman memastikan akan mengawal proses ini. Pasalnya sektor pertambangan, mineral dan batubara di DIY memiliki potensi ekonomi yang sangat besar. Sayangnya, sampai saat ini masih banyak terdapat penambangan liar.

"Ini tidak hanya berdampak negatif bagi perekonomian. Tapi juga lingkungan. Pasalnya mereka tidak berizin dan otomatis kegiatannya juga tidak terkawal dengan baik," urainya.

Di DIY menurut Gandung, sumber daya alamnya sedikit. Untuk itu harus dapat diatur secara maksimal. Baik oleh pemerintah maupun pelaku pertambangannya. Jika ditemukan ada yang ilegal, harus segera ditelurusi dan ditindak tegas oleh hukum. (Awh)

Kredit

Bagikan