Polresta Yogya Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Pungli

user
agus 03 Agustus 2022, 20:47 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.Com - Jajaran Polresta Yogya Polda DIY intensif melakukan Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Pungli, melalui masing-masing Polsek. Tujuannya, agar bisa menuju wilayah Kota Yogyakarta bebas dari dari pungutan liar (pungli).

Upaya pemberantasan pungli dimaksudkan agar para pejabat di semua tingkat dan masyarakat menghindari praktik pungli, yang salah satunya bisa merugikan negara.

Tak hanya itu, Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Pungli, bertujuan menciptakan tertib pelayanan kepada masyarakat. Masyarakat diharapkan tidak menempuh 'jalan pintas' pada saat mengurus segala kepentingan di sejumlah instansi atau lembaga tertentu. Agar bisa mencapai tujuan tersebut, petugas Bhabinkamtibmas di masing-masing polsek secara berkesinambungan melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Salah seorang petugas Bhabinkamtibmas Polsek Kraton Polresta Yogya, Aiptu Bisusanti pada Rabu (03/08/2022) melaksanakan Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Pungli di Pasar Ngasem Yogyakarta. Sosialisasi ditujukan kepada para pedagang (makanan, minuman, dan barang-barang kebutuhan pokok) yang berada di Pasar Ngasem. Para pedagang diminta segera melapor ke pihak kepolisian apabila mencurigai atau mendapati adanya indikasi praktik pungli.

Aiptu Bisusanti menyampaikan, belajar dari kejadian tertentu yang arahnya pada tindak korupsi, saat ini perlu dilakukan langkah-langkah antisipasi agar masyarakat tidak terjebak pada tindak pungli. Jika mjasyarakat menemukan bukti adanya tindak pungli, diharapkan segera melapor ke Pemkot Yogakarta (Telepon 0274-561270 dan 08122780001) dan Polresta Yogyakarta (Telepon 0274-543920 dan WA 081329093669). (Hrd)

Kredit

Bagikan