Hayuri Islami Maba Termuda UGM, Berapa Usianya?

user
agus 02 Agustus 2022, 09:40 WIB
untitled

SLEMAN, KRJOGJA.com - UGM, Senin (1/8/2022) resmi menerima 9.833 mahasiswa baru yang terdiri dari Program Sarjana 8.215 orang dan Program Sarjana Terapan 1.618 orang. Tahun ini, mahasiswa termuda tercatat berusia 15 tahun 11 bulan 13 hari saat diterima di UGM. Raja Muhammad Hayuri Islami diterima di Fakultas Filsafat saat berusia tepat 15 tahun 11 bulan dan 13 hari. Hayuri Islami lahir pada 17 Agustus 2006.

Mahasiswa baru menjalani Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) di Lapangan Pancasila UGM. Untuk pertama kalinya sejak pandemi Covid-19, PPSMB kembali diselenggarakan secara luring di kampus UGM.

Rektor UGM, Prof Ova Emilia, mengatakan orientasi dan pengenalan kampus diikuti oleh mahasiswa baru UGM yang pada tahun ini berjumlah 9.833 mahasiswa. Jumlah tersebut terdiri atas 8.215 mahasiswa program Sarjana dan 1.618 mahasiswa program Sarjana Terapan, yang diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri, serta Program Afirmasi Pendidikan Tinggi.

PPSMB UGM mengusung tema “Bakti Gadjah Mada, Pilar Intelektual Nusantara” yang menjadi langkah awal bagi para Gadjah Mada Muda untuk memperkuat karakter ‘SANG JUARA’ yaitu pribadi yang santun, adil, nasionalis, gembira, jujur, unggul, amanah, religius, dan andal. Harapannya, para Gadjah Mada Muda akan mampu mengembangkan kecerdasan, kemampuan berpikir kritis, analitik, dan solutif, serta menjadi pribadi berkarakter selama menempuh pendidikan.

“Saat menjadi seorang mahasiswa, para Gadjah Mada Muda harus mulai menyadari peran dan tanggung jawab sebagai sosok pembelajar sejati. Memupuk semangat kolaborasi, membangun ketahanan diri, inovasi dan kemampuan beradaptasi, telah menjadi budaya belajar kaum intelektual, untuk merespon kompleksitas perkembangan lingkungan sosial,” ungkap Ova.

Mahasiswa baru UGM tahun 2022 berasal dari seluruh provinsi di Indonesia, serta beberapa negara lainnya seperti Malaysia dan Inggris. Sebanyak 19,20 persen mahasiswa baru UGM merupakan mahasiswa penerima bantuan KIP-K yang sebelumnya dikenal sebagai Beasiswa Bidikmisi.

Sementara, Gubernur DIY, Sri Sultan HB X dalam orasinya menyampaikan, pilihan mahasiswa untuk datang ke Yogyakarta sebagai destinasi edukasi yang menjadi Nusantara Cultural Melting Pot akan membentuk karakter anak bangsa menjadi insan-insan cendekia sekaligus berbudaya. Sultan menyampaikan pentingnya kehadiran ruang dialog budaya dan ruang publik kebudayaan ruang dialog budaya dan ruang publik kebudayaan.

Rangkaian pembelajaran PPSMB dilaksanakan selama enam hari, yaitu pada tanggal 1 - 6 Agustus 2022. Selanjutnya pada tanggal 7 - 13 Agustus 2022 mahasiswa akan mengikuti aktivitas praktik yang disebut sebagai Action Plan.

PPSMB UGM terdiri dari rangkaian kegiatan PPSMB Universitas, PPSMB Soft Skills, dan PPSMB Fakultas/Sekolah Vokasi. PPSMB wajib untuk diikuti oleh seluruh mahasiswa baru UGM program sarjana maupun sarjana terapan, sebagai persiapan untuk mengikuti proses pembelajaran di UGM.

Setelah mengikuti rangkaian acara PPSMB UGM, mahasiswa akan mendapatkan sertifikat kelulusan PPSMB yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan selama berkuliah di UGM, dan menjadi salah satu persyaratan kelulusan mahasiswa. (Fxh)

Kredit

Bagikan