Ruang Finishing PT Swastama Terbakar

user
agus 25 Juli 2022, 17:15 WIB
untitled

SUKOHARJO, KRjogja.com - Kebakaran terjadi di ruang bagian finishing PT Swastama di Jalan Slamet Riyadi Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura, Senin (25/7). Penyebab kebakaran diduga karena kelalaian pekerja saat melakukan perbaikan mesin. Api berhasil dipadamkan setelah enam mobil pemadam kebakaran melakukan pemadaman.

Kapolsek Kartasura AKP Mulyanta mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.00 WIB lebih. Polsek Kartasura yang mendapat laporan kebakaran di PT Swastama di Jalan Slamet Riyadi Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura langsung melakukan koordinasi dengan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Sukoharjo.

Kronologis kebakaran terjadi saat pekerja melakukan perbaikan di ruang finishing menggunakan alat gergaji mesin atau gerinda dan menimbulkan percikan api hingga mengenai bahan mudah terbakar disekitar lokasi. Kebakaran kemudian tidak terhindarkan dan api dengan cepat membesar. Kobaran api juga merembet ke sekitar dan membakar bahan mudah terbakar lainnya.

Pekerja yang melihat ada kebakaran langsung berusaha melakukan pemadaman. Kejadian tersebut juga dilaporkan ke Polsek Kartasura dan petugas Damkar Sukoharjo.

Selang tidak lama enam unit mobil Damkar dari wilayah Solo Raya datang ke lokasi kebakaran. Petugas berhasil memadamkan api dalam waktu tidak lebih dari satu jam.

"Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Namun dugaan karena percikan api saat pekerja melakukan perbaikan dilokasi kebakaran tersebut," ujarnya.

Polsek Kartasura masih meminta keterangan saksi terkait kejadian kebakaran. Api dipastikan sudah padam setelah petugas Damkar Sukoharjo dibantu Damkar Solo Raya lainnya melakukan pemadaman dan pendinginan di lokasi kebakaran.

"Api sudah berhasil dipadamkan petugas gabungan. Untuk selanjutnya dilakukan dengan meminta keterangan saksi," lanjutnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo Margono, mengatakan benar ada kejadian kebakaran terjadi di PT Swastama di Jalan Slamet Riyadi Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura. "Damkar Sukoharjo dibantu Damkar daerah lain di Solo Raya sudah melakukan pemadaman. Api sudah dipadamkan," ujarnya.

Margono menjelaskan, Damkar Satpol PP Sukoharjo menerima laporan kejadian kebakaran pada pukul 10.19 WIB. Penanganan kebakaran dilakukan pada pukul 10.49 WIB. Kebakaran terjadi di peralatan finishing atau spray both.

"Penyebab kebakaran terjadi akibat percikan api dari mesin gerinda yang dipakai karyawan," lanjutnya.

Akibat kejadian kebakaran tersebut ditaksir sekitar Rp 1.000.000.000. Usai kebakaran di lokasi kejadian masih dilakukan pengawasan dan pembersihan. (Mam)

Kredit

Bagikan