Peringati Hari Anak Nasional Kalurahan Banyuraden Gelar Seni Budaya dan UMKM

user
Ary B Prass 24 Juli 2022, 17:57 WIB
untitled

SLEMAN, KRJOGJA.com - Pemerintah Kalurahan Banyuraden Gamping Sleman mengadakan Gelar Seni Budaya dan UMKM tahun 2022 di kompleks Kantor Kalurahan Banyuraden 23-24 Juli 2022.

Kegiatan ini dalam rangka Rintisan Desa dan Kantong Budaya sekaligus memperingati Hari Anak Nasional.

Beragam potensi seni dan budaya yang dimiliki Desa Banyuraden ditampilkan melibatkan anak-anak. Hari pertama ditampilkan Tari Golek Ayun-ayun, pementasan Uyon-uyon dan pementasan wayang anak.

Sedangkan hari kedua, menampilkan senam sehat massal oleh PKK Banyuraden dan pentas seni Jathilan 'Kudha Kumoro' Modinan. Tak ketinggalan, ada pemberian beasiswa untuk anak berprestasi.

Carik Banyuraden, Hendy Indra Utama SIP menuturkan, saat ini status Desa Banyuraden adalah sebagai Rintisan Desa dan Kantong Budaya.

"Kegiatan gelar seni budaya dan UMKM ini dalam rangka itu (Rintisan Desa dan Kantong Budaya), nantinya akan meningkat terus menjadi Desa Budaya dan Desa Mandiri Budaya. Kami terus berupaya mewujudkan Banyuraden sebagai Desa Mandiri Budaya," kata Hendy kepada KRJOGJA.com di sela kegiatan, Minggu (24/7/2022).

Adapun bazar UMKM, menurut Hendy, menyediakan 25 stand yang diikuti para pelaku UMKM yang tergabung dalam Forum  Komunikasi UMKM 'Banyu Muncar' Banyuraden.

Bazar menampilkan potensi perekonomian (sektor UMKM) seperti produk unggulan kerajinan, kuliner, fashion dan lainnya. "Bazar UMKM ini sekaligus menjalankan instruksi dari pemerintah untuk membangkitkan perekonomian masyarakat (sektor UMKM) pasca pandemi," katanya.

Hadir dalam pembukaan kegiatan antara lain, Sekretaris Dinas Kebudayaan Sleman Arif Marwoto dan jajaran, Panewu Gamping Sarjono beserta jajaran Muspika Gamping, Lurah Desa Banyuraden Sudarisman beserta pamong, penggiat seni dan tokoh masyarakat di Kalurahan Banyuraden.

Lurah Banyuraden Sudarisman mengatakan, Kalurahan Banyuraden memiliki potensi seni budaya dan UMKM yang cukup banyak dan terus dikembangkan.

Menurutnya, kegiatan ini diharapkan akan menggeliatkan kegiatan seni budaya dan perekonomian warga di kalurahannya.

"Setelah dua tahun seakan vacum karena pandemi, dengan adanya kegiatan ini kami berharap warga kembali bersemangat berkegiatan ekonomi, berkreasi seni sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat," harapnya. (Dev)

Kredit

Bagikan