Rokok Ilegal, Bea Cukai Magelang Klaim Cegah Potensi Kerugian Negara

user
danar 20 Juli 2022, 18:10 WIB
untitled

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com - Bea Cukai Magelang mengklaim berhasil menyelamatkan potensi kerugian negara hingga miliaran rupiah karena peredaran rokok dan minuman keras ilegal tanpa cukai resmi.

Kepala Bagian Umum Bea Cukai Magelang Andriana Wurika mengatakan Bea Cukai Magelang rajin gelar razia rokok ilegal dan minuman keras ilegal. Yakni yang tidak berpita cukai resmi dari negara. "Namanya rokok dan minuman keras ilegal. Mayoritas yang ditemukan saat operasi rokok ilegal," kata Andriana Wurika, ditemui di sela sosialisasi rokok ilegal di Temanggung, Rabu (20/7/2022).

Dia mengatakan pada operasi dengan keberhasilan menemukan ribuan rokok ilegal, jika dihitung telah mengamankan potensi kerugian negara hingga ratusan juta rupiah. Sementara sejak Januari hingga Juli, disampaikan telah banyak sekali menggelar operasi dengan sasaran barang ilegal tidak berpita cukai resmi.

Rokok ilegal, katanya selain merugikan negara juga berbahaya sebab tidak ada pengawasan kadar komposisi baik nikotin, tar atau unsur lain. Dia berharap TNI, Polri, Pemerintah dan masyarakat semakin erat bekerjasama dalam sosialisasi dan pemberantasan cukai ilegal.

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Joko Prasetyono mengatakan Pemerintah Kabupaten Temanggung bersama Bea Cukai berkomitmen untuk memberantas peredaran rokok ilegal. Langkah itu, diantaranya menggalakkan sosialisasi, intensif edukasi dan penelusuran informasi, serta menggelar operasi pasar yang melibatkan ormas, Polri dan TNI. "Potensi penggunaan cukai ilegal di Temanggung pasti tetap ada, karena itu perlu antisipasi. Jika ditemukan untuk segara ditangani," kata dia.

Ketua DPRD Temanggung Yunianto mengatakan menjadi tugas bersama untuk memberantas barang tidak bercukai termasuk rokok ilegal yang tidak berpita cukai resmi. "Kami dari DPRD mendorong pemerintah untuk tegas dalam memberantas rokok ilegal, tetapi di sisi lain harus ada pembinaan pada pelaku sehingga rokok yang dibuat didaftarkan dan membayar cukai," kata dia.

Dia mengatakan masyarakat untuk dapat terlibat dalam pemberantasan rokok ilegal, diantaranya dengan tidak mengkonsumsi rokok ilegal. "Rokok ilegal merugikan negara sebab tidak membayar cukai dan produknya juga tidak terawasi sehingga bisa merugikan konsumen," kata dia. (Osy)

Kredit

Bagikan