Dokumen Sultan HB X dan Paku Alam X Lengkap, Penetapan Ditarget Agustus

user
agus 19 Juli 2022, 08:10 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Panitia Khusus (Pansus) DPRD DIY untuk Penetapan Gubernur DIY telah menerima 16 dokumen administrasi persyaratan calon Gubernur DIY periode 2022-2027, Senin (18/7/2022). Dewan menyatakan dokumen Sri Sultan HB X dan Paku Alam X sudah lengkap dan akan diverifikasi secara detail.

Ketua DPRD DIY Nuryadi mengatakan, 16 dokumen sebagai syarat penetapan calon Gubernur DIY periode 2022-2027 sudah diterima. Para pimpinan dan anggota pansus Penetapan Gubernur DIY juga sudah memeriksa satu per satu terkait kelengkapan dokumen baik dari Kraton maupun Pura Pakualaman.

“Cek list sudah semua, baik dokumen Kraton maupun Pura Pakualaman. Lebih lanjut nanti kami dalami, jadi nantinya tanggal 9 Agustus sudah penetapan. Kami sudah melaksanakan amanat undang-undang,” ungkap Nuryadi.

Penyerahan dokumen di DPRD DIY dilakukan perwakilan Kraton Yogyakarta dan Pakualaman. Kraton diwakili oleh GKR Mangkubumi sementara Pakualaman diwakili BPH Kusumo Bimantoro.

Sementara, Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana menambahkan, dewan menargetkan proses verifikasi dokumen kelengkapan persyaratan dapat selesai awal Agustus 2022. Harapannya, pemerintah pusat bisa menetapkan pada 9 Agustus mendatang.

“Saat ini sambil verifikasi dokumen persyaratan, dilakukan pula penyusunan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Akhir Masa Jabatan (LKPJ AMJ) Gubernur DIY Tahun 2017-2022 sesuai UUK Nomor 13/2012, di mana gubernur dan wakil gubernur berkewajiban menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban tahunan dan akhir masa jabatan kepada DPRD,” tandas Huda.

Terkait Dokumen LKPJ AMJ Gubernur dan Wakil Gubernur DIY bakal disampaikan kepada DPRD DIY dalam waktu 30 hari setelah adanya pemberitahuan pimpinan DPRD DIY tentang berakhirnya masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY. (Fxh)

Kredit

Bagikan