Nyadran di Sengerang, Gandung Dukung Pelestarian Seni Budaya

user
danar 18 Juli 2022, 00:10 WIB
untitled

WONOSARI, KRJOGJA.com - Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Golkar Drs HM Gandung Pardiman MM mengikuti upacara tradisi Nyadran di Dusun Sengerang, Planjan, Saptosari. Bersamaan Kalurahan Planjan juga menerima SK Bupati Gunungkidul H Sunaryanta sebagai Kalurahan Rintisan Budaya. Dalam rangkaian Nyadran juga ditampilkan Upacara Adat Nyadran Petilasan ‘Eyang Belang Yungyang’.

“Keberadaan upacara adat, tradisi, seni , budaya perlu untuk dilestarikan. Selamat kepada Kalurahan Planjan, kini sudah menjadi Kalurahan Rintisan Budaya. Potensi seni budaya perlu terus dikembangkan, ” kata Anggota Komisi VII DPR RI Drs HM Gandung Pardiman MM, Minggu (17/07/2022).

Bersamaan ditampilkan kesenian reog, jathilan, hingga arak-arakan gunungan dan rebutan gunungan oleh masyarakat. Dalam acara ini Drs HM Gandung Pardiman MM juga membagikan doorprice jutaan rupiah dan uang tunai masing masing Rp 1,5 juta untuk karangtaruna, tiap RT, PKK dan grup musik, serta jathilan. Selain itu membantu pelaksanana kegiatan senilai Rp 2 juta. Serta mengadakan undian kuis hadiah jutaan rupiah bagi masyarakat yang hafal Sila Pancasila.

“Kalurahan Planjan cukup bagus, karena memiliki banyak seni potensi dan budaya. Harapannya nanti akan menjadi Kalurahan Budaya,” imbuh HM Gandung Pardiman MM yang memiliki Slogan Berani Berkorban, Jujur dan Peduli Semua.

Kegiatan dihadiri Bupati Gunungkidul H Sunaryanta, Kepala Dinas Kebudayaan Gunungkidul Agus Mantara MM, forkopimca dan undangan. Lurah Planjan Muryanto Asih Sulistyo menambahkan, potensi adat tradisi masih kental. Setiap tahun digelar bersih dusun atau rasulan. Selain itu juga ada pelaksanaan nyadran sejarah terjadinya dusun sengerang.

“Planjan memiliki grup kesenian jathilan, reog, wayang orang, ketoprak, karawitan serta adat tradisi di masyarakat,” jelasnya.(Ded)

Kredit

Bagikan