MOU Disdukcapil dengan Polres Bantul Beri Kemudahan Bagi Anggota Polri

user
Ary B Prass 17 Juli 2022, 19:07 WIB
untitled

BANTUL, KRJOGJA.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bantul melakukan Penandatangan Perjanjian Kerjasama atau MoU dengan Polres Bantul terkait pelayanan administrasi kependudukan bagi anggota Polri jajaran Polres Bantul.

Penandatanganan langsung dilakukan oleh Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK dan Kepala Disdukcapil Bantul Bambang Purwadi Nugruho SH MHl di Aula Wira Pratama Mapolres Bantul Jumat (15/7/2022), dengan dihadiri Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho S Ant dan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Bantul Drs Danang Irwanto MSi.

Menurut Bambang Purwadi, maksud diselenggarakan perjanjian kerjasama tersebut, untuk memberikan kemudahan bagi anggota Polres Bantul yang merupakan penduduk Kabupaten Bantul.

Baik yang sudah purna tugas maupun anggota baru dalam memperoleh pelayanan administrasi kependudukan.

"Adapun tujuan dari perjanjian kerjasama ini adalah untuk percepatan verifikasi data dan penerbitan dokumen kependudukan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (e- KTP )," ungkap Bambang.

Menurut Bambang , database kependudukan yang dikelola Disdukcapil bisa digunakan semaksimal mungkin oleh lembaga dalam tata kelola pemerintahan.

Misalnya di Kepolisian ,bisa dimanfaatkan membatu Polisi dalam penyelidikan pelaku kejahatan. Jika petugas menemukan sidik jari langsung dicocokkan dengan sistem database kependudukan.

"Data kependudukan penting diketahui karena dalam membuat kebijakan maupun perencanaan pembangunan daerah atau negara , data kependudukan diperlukan sebagai gambaran kondisi suatu daerah. Data kependudukan diantaranya kelahiran, kematian, kepindahan atau imigrasi , komposisi penduduk, kepadatan penduduk dan untuk kepentingan lainnya," pungkasnya. (Jdm)

Kredit

Bagikan