Pemkab Temanggung Hidupkan Jumat Ngopi untuk Menggerakkan Ekonomi

user
agus 16 Juli 2022, 09:10 WIB
untitled

TEMANGGUNG, KRjogja.com - Pemerintah Kabupaten Temanggung hidupkan kembali Jumat Ngopi sebagai upaya membangkitkan perekonomian terutama menyemangati pelaku UMKM yang terpuruk akibat dampak Pandemi Covid-19. DPRD mendukung upaya pemkab sebagai upaya membangkitkan keterpurukkan di kabupaten tersebut.

Bupati Temanggung M. Al Khadziq menyampaikan Jumat Ngopi ini memang sebuah kegiatan untuk promosi kopi asli Temanggung, kopi yang paling enak sedunia.

"Kopi paling terkenal di dunia itu kami promosikan dengan berbagai kegiatan, salah satunya wajib ngopi di hari Jumat dan kegiatan Jumat Ngopi bareng," katanya.

Dia mengatakan penyelenggaraan Jumat Ngopi selalu berganti tema dengan mengundang komunitas masyarakat, khusus hari ini diundang anak-anak muda milenial, para penggerak milenial, para pegiat media sosial, para pegiat sosial di kalangan anak muda Temanggung dan juga para pegiat ekonomi kreatif.

"Dengan mengundang berbagai komunitas begini jalinan silaturahmi menjadi semakin baik dan diharapkan produktifitas masyarakat semakin dinamis dan juga promosi kopi Temanggung bisa lebih baik lagi," katanya.

Ketua DPRD Kabupaten Temanggung Yunianto mengatakan Jumat Ngopi sebagai langkah positif dari Pemkab Temanggung yang harus didukung semua pihak sebab sebagai upaya bangkit dari keterpurukan dampak Pandemi Covid-19.

"Kami sangat mendukung kegiatan Jumat Ngopi dihidupkan kembali dan kali ini pelaksanaan pada minggu kedua di masa pelonggaran pandemi Covid-19," kata Yunianto di sela Jumat Ngopi di Pendopo Pengayoman,

Jumat (15/7).

Yunianto menyampaikan di masa pandemi Covid-19 yang terus melandai ini, pemerintah daerah mengambil sikap untuk improfisasi situasi supaya kembali normal, psikologis masyarakat kembali pulih dengan acara Jumat Ngopi.

Secara psikologis, katanya kegiatan ini merupakan suatu obat, untuk memotifasi masyarakat untuk bangkit kembali di semua sektor, baik pendidikan, ekonomi, sosial, budaya maupun pertanian.

"Melalui Jumat Ngopi ini bisa berkumpul, tukar pendapat, saling memberikan pengalaman dan masukan sehingga muncul inspirasi-inspirasi baru untuk memabngun Temanggung," katanya.

Selain itu, katanya Jumat Ngopi juga sebagai sarana promosi kopi Temanggung yang merupakan salah satu kopi terbaik di dunia.

Ia menyebutkan pada festifal kopi internasional di Atlanta tahun 2007, kopi Temanggung juara dua. Dengan capaian itu tentunya para generasi petani kopi harus bangkit dan semakin semangat untuk memproduksi kopi. (Osy)

Kredit

Bagikan