Pengurus DPP Indonesian Home Stay Association (IHSA) Resmi Dilantik

user
agus 13 Juli 2022, 17:46 WIB
untitled

BANTUL, KRJOGJA.com - Kepengurusan DPP Indonesian Home Stay Association (IHSA) 2022-2027 resmi dilantik di Home Stay Tembi Bantul, Sabtu (2/7). IHSA sendiri adalah organisasi yang mewadahi para pengelola home stay di seluruh Indonesia.

Pengurus DPP IHSA dilantik oleh secara langsung oleh Noorhadi Sadli selaku tenaga ahli Menparekraf bidang Tata Laksana Organisasi & Hubungan Antar Lembaga. Terpilih sebagai ketua umum DPP IHSA, Hentje Alvy Pongoh S.E., M.M. dan Sekjen Meries Erruwati Muhammad, S.E.

Sebelum acara pelantikan pengurus DPP IHSA, dilokasi Home Stay Tembi sejak 30 Juni - 2 Juli juga digelar seminar nasional kemudian dilanjutkan acara Bimbingan Teknis (Bimtek) dan FGD mengenai home stay dari kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif, dihadiri para pelaku wisata. Rangkaian acara dilanjutkan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) 1 DPP IHSA.

Seiring dengan kebutuhan dan perkembangan kepariwisataan di Indonesia, masalah Home Stay menjadi kebutuhan ditengah perkembangan desa wisata. Karena itu dibutuhkan pengembangan, termasuk digitalisasi pada desa wisata. Dalam hal ini IHSA juga mendorong dalam promosi menggunakan online, sebagai ujung tombak. Keseluruhan acara juga dihadiri pengurus DPD se Indonesia, baik melalui tatap muka atau daring.

“Kita akan melakukan pembuatan database home stay se Indonesia,“ kata Hentje Alvy Pongoh sekalu Ketua Umum Indonesian Home Stay Association (IHSA) mengenai hasil Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) 1 DPP IHSA.

Pengurus DPP Indonesian Home Stay Association (IHSA) Resmi Dilantik

Dalam Rapimnas tersebut juga berkembang usulan pembuatan aplikasi mengenai home stay, yang isinya lengkap mengenai home stay. Sehingga memudahkan tamu yang berminat akan berkunjung. Selain juga program home stay responsibility, semuanya dibuat demi kemajuan home stay di Indonesia khususnya yang tergabung dalam IHSA.

Dalam seminar nasional, diantaranya di sampaikan mengenai kebijakan penyelenggaran usaha Pondok Wisata berisiko rendah, oleh Agus Priyono, analisis Kebijakan Standar dan Sertifikasi usaha Kementrian Pariwisata an Ekonomi Kreatif.

Dalam kesempatan tersebut Agus menyatakan bahwa pengelola home stay harus selalu mengutamakan kenyamanan tamu, diantaranya adalah kebersihan. Ia yakin bahwa kehadiran home stay tak akan mengganggu keberadaan hotel, karena model tamu berbeda.

Sedang pengamat pariwisata Tazbir Abdullah, mengatakan bahwa nama Home Stay itu juga digunakan di luar negeri. "Di Indonesia, home stay berdampak menguatkan ekonomi pedesaan. Bukankah Indonesia, membangun dari desa sudah dilaksanakan?," Katanya.

Sementara pakar pariwisata Taufan Rachmadi mengatakan, sebaiknya Home Stay tetap mengedepankan identitas. Ini yang

membedakan hotel, dan menjadi keinginan tamu.

Ketua panitia Rapimnas, Dewi Agustiati mengatakan bahwa untuk memberikn inspirasi peserta diajak untuk studi tiru di Desa Wisata Nglanggrean Gunungkidul dan Tebing Breksi Sleman. “Peserta sangat terkesan pada kunjungan tersebut, karena Nglanggeran adalah desa wisata berkelas dunia” katanya.

Usai acara pelantikan DPD IHSA juga digelar pelantikan DPD IHSA DIY dengan ketua Dawud yang dilantik oleh ketua umum DPP IHSA.

Pengurus DPP Indonesian Home Stay Association (IHSA) Resmi Dilantik

Berikut susunan lengkap pengurus DPP IHSA 2022-2027

Ketua Umum : HENTJE ALVY PONGOH, S.E., M.M.

Sekretaris Jenderal : MERIES ERRUWATI MUHAMMAD, S.E.

Bendahara Umum: NI WAYAN SRI EKAYANTI, S.SOS., M.M.

Susunan Personalia DPP IHSA

Wakil Ketua Umum I : EDISON, S.H.

Wakil Ketua Umum II : DR. I NYOMAN KANDIA, M.AG

Wakil Ketua Umum III : IMAM WIDODO

Wakil Ketua Umum IV : CHANDRA BUDI, S.H.

Wakil Ketua Umum V : DR(C) OCTO LAMPITO, M.Pd.

Wakil Ketua Umum VI : AHYAK MUDIN, S.E.

Wakil Sekretaris Jenderal I : dr. DIAH SYARIFAH

Wakil Sekretaris Jenderal II : MUHAMAD SUBARI

Wakil Sekretaris Jenderal III : M. FIRMAN MUSTIKA, S.H., M.H.

Wakil Bendahara Umum I : FEBY IMAM PERMANA

Wakil Bendahara Umum II : MARIA ULFA, S.Psi.

Wakil Bendahara Umum III : DEWI AGUSTIATI, S.T.

(Git)

Kredit

Bagikan