800 Pelajar Sekolah Karangturi 'Disuntik' Pancasila

user
ivan 13 Juli 2022, 10:32 WIB
untitled

SEMARANG, KRJOGJA.com - Komandan Kodim 0733 Kota Semarang Letkol Inf Honi Havana MMDS mengajak seluruh pelajar kelas X, XI dan XII SMA Karangturi Semarang untuk meningkatkan penghayatan nilai-nilai Pancasila agar mampu mengamalkan dan melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Kalian semua adalah generasi masa depan Indonesia, kami berharap agar menjadi penyelamat Ideologi Pancasila. Pancasila adalah ideologi yang digali dari bumi Indonesia yang terdiri dari banyak perbedaan namun bertekat untuk hidup berdampingan sebagaimana sesanti Bhinneka Tunggal Ika. Hanya Pancasila lah yang bisa menyatukan bangsa ini," papar Letkol Inf Honi Havana.

Untuk mewujudkan masyarakat Pancasila, menurut Dandim dibutuhkan leader sebagai pengawal. Makanya generasi muda lah yang harus ikut ambil bagian sebagai agen-agen yang menggelorakan semangat Pancasila.

"Cara mudah membumikan Pancasila yakni dengan memberikan keteladanan. Semangat ber Pancasila adalah bagaimana membangun sikap toleransi dalam diri kita. Menghargai dan menghormati pendapat serta perbedaan. Tidak memaksakan kehendak dan mengambil cara musyawarah untuk menyelesaikan masalah. Seorang Pancasilais selalu menempatkan kepentingan umum, bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi maupun kelompok," tandas Honi saat berbicara dalam forum Orientasi Pelajar Tahun Ajaran Baru Sekolah Nasional SMA Karangturi Semarang, Selasa (12/07/2022).

Ketua Yayasan Nasional Pendidikan Karangturi Harjanto Halim mengungkapkan kehadiran Dandim 0733 Kota Semarang dalam forum orientasi memberi pengaruh yang baik.

"Menarik, apa yang disampaikan Dandim Semarang mengupas lebih dalam semangat Pancasila agar dihayati dan diamalkan generasi muda. Di saat potensi ancaman pecah belah dan sikap-sikap intoleran mencuat, kita diingatkan untuk memgatur barisan dan meneguhkan kembali semangat Pancasila. Bila bangsa ini seluruhnya memegang teguh Pancasila, maka saya yakin tak akan mudah dipecah belah," ungkap Harjanto Halim.

Harjanto meneguhkan bahwa Kampus Karangturi sebagai Kampus Pancasila, ini menjadi momentum seiring dengan program Dandim yang telah membentuk Kampung Pancasila di tiap kecamatan.

Pihaknya berharap setelah mendapatkan materi Wawasan Kebangsaan dengan mengupas Pancasila, maka akan terbentuk pelajar yang melek Pancasila. Sehingga akan membentuk pribadi-pribadi yang memiliki sikap toleran, semangat menjaga persatuan dan sadar akan tanggun jawab.

"Jadi murid itu tidak saja harus pinter, tapi juga memiliki kepribadian yang kuat, kreatif dan punya rasa tanggung jawab. Nakal ya boleh asal wajar dan tidak kurang ajar," tandas Harjanto Halim.

Selain Dandim dan Harjanto Halim, tampil sebagai pemateri Dr Awal dari PMI. Dr Awal menyampaikan pentingnya memiliki semangat kepedulian terhadap sesama dan lingkungan. (Cha)

Kredit

Bagikan