MPLS di SMP Negeri 4 Kudus, Siswa Bantu Potong Hewan Kurban

user
agus 13 Juli 2022, 06:12 WIB
untitled

KUDUS, KRJOGJA.com - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ((MPLS) di SMP Negeri 4 Kudus, ratusan siswa baru dikenalkan dan dilibatkan ikut membantu pemotongan hewan kurban. Secara kebetulan giat MPLS tahun 2022 ini yang diikuti sekitar 270 siswa kelas VII bertepatan dengan pelaksanaan kurban Hari Raya Idul Adha. Demikian diungkapkan Kepala SMP Negeri 4 Kudus, Dedi Triapriyanto, Selasa (12/7).

Menurutnya, untuk penguatan profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran Kurikulum Merdeka, pengenalan ibadah kurban masuk dalam dimensi Ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Gotong Royong.

"Penguatan profil pelajar Pancasila juga kami lakukan dengan menhajak siswa sholat dhuhur berjamaah," ujarnya.

Penyembelihan hewan kurban berupa dua ekor kerbau dan 3 ekor kambing digelar di lapangan sekolah setempat, Selasa (12/7). Pengadaan hewan kurban sendiri diperoleh dari dana sukarela para guru serta para siswa. Kegiatan itu dilakukan dengan melibatkan seluruh siswa, termasuk siswa baru kelas VII.

"Dalam kegiatan ini, siswa kami kenalkan bagaimana cara penyembelihan hewan kurban dengan baik dan benar sesuai syariat," terangnya.

Siswa juga diajak untuk saling berbagi sesama dengan melakukan pendistribusian daging hewan kurban. Daging hewan kurban dibagikan kepada siswa kurang mampu, warga sekitar dan panti asuhan.(Trq)

Credits

Bagikan