Wonogiri Dilirik Jadi Koridor BRT Trans Jateng

user
danar 12 Juli 2022, 11:10 WIB
untitled

WONOGIRI, KRJOGJA.com - Terminal angkot Wonogiri yang masuk kategori terminal tipe C dipilih menjadi koridor Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng rute Solo-Wonogiri. Realisasi program direncanakan mulai 2023 nanti setelah Dishub Jateng bersama anggota Komisi D DPRD Jateng, Senin (11/7/2022), melakukan kajian ke daerah Kabupaten Wonogiri.

Menurut Wakil Ketua Komisi D DPRD Jateng Hadi Santoso program BRT ini bertujuan menghidupkan sistem aglomerasi transportasi antar kabupaten. Pihaknya bersama Pemprov Jateng khususnya Dishub akan merangkul kalangan pengusaha angkutan yang ada di daerah itu agar lebih eksis lagi.

"Dipilihnya Terminal Tipe C Wonogiri Kota sebagai titik akhir koridor itu sudah diperhitungkan dan dinilai cukup integratif karena dekat pasar, terminal angkutan kota dan dekat dengan Stasiun KA Wonogiri," lanjut Hadi. Dia menambahkan rencananya nanti akan ada 14 armada. Armada itu bakal melayani mulai pukul 05.00 sampai pukul 17.30 WIB.

Kepala Dishub Wonogiri Waluyo SSos MM menuturkan kunjungan Dishub Provinsi bersama Komisi D DPRD Jateng yakni mengecek kesiapan Terminal Tipe C Wonogiri sebagai titik endap BRT Trans Jateng Rute Solo - Wonogiri.

"Intinya beliau-beliau tadi memastikan rute maupun titik akhir dari BRT ini. Bagaimana persiapan di Terminal Tipe C sebagai titik endapan," ujar Waluyo.

Disebutkan, Pemkab Wonogiri bakal menyiapkan Terminal Tipe C sebagai titik endapan BRT Trans Jateng agar optimal fungsinya. Akan ada revitalisasi beberapa titik-titik yang dirasa perlu diperbaiki. Misalnya tapak terminal (aspal) yang ada di Terminal Tipe C Wonogiri itu.

"Di terminal angkot kan ada beberapa taman dan sejumlah bangunan, mungkin akan kita bongkar," papar Waluyo. (Dsh)

Kredit

Bagikan