BPN Purworejo Bagikan Ratusan Paket Daging Kurban untuk Warga

user
Ary B Prass 12 Juli 2022, 04:07 WIB
untitled

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Purworejo membagikan ratusan paket daging kurban untuk warga setempat, Senin (11/7/2022). Karyawan BPN mengurbankan tiga ekor sapi dalam Idul Adha 1443 H.

Kepala Kantor BPN Purworejo Andri Kristanto mengatakan, jumlah ternak kurban tahun 2022 bertambah. "Tahun lalu kurban dua ekor, dan alhamdulillah sekarang ada peningkatan," ungkapnya.

Sapi kurban itu sudah melalui pemeriksaan kesehatan hewan dan dinyatakan bebas penyakit, termasuk Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Sapi dipotong di halaman kantor kemudian dagingnya dibungkus dalam 270 paket.

Paket tersebut sebagian besar didistribusikan kepada warga yang tinggal di sekitar Kantor BPN Purworejo. Sementara ada sebagian lagi yang dibagikan untuk karyawan kantor.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Purworejo Hadi Sadsila mengatakan, pantauan dinas hingga Minggu (10/7/2022), sebanyak 172 sapi terinfeksi PMK.

"Bertambah lima ekor dari hari sebelumnya (Sabtu-red), namun masih terkendali," ujarnya.

Menurutnya, sebanyak 105 sapi dinyatakan sembuh, sembilan dipotong paksa, sedangkan mati tiga ekor.

"Hewan terkena PMK terus kami pantau dan obati, sedangkan untuk vaksin tahap pertama sebanyak 700 dosis sudah terdistribusi," tuturnya.

Satgas PMK Kabupaten Purworejo juga mengajukan alokasi tambahan vaksin kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

Terkait penyelenggaraan pemotongan hewan kurban, katanya, ditengarai ada beberapa sapi yang terindikasi PMK.

Namun, pemotongan tetap dilaksanakan karena ternak tidak bergejala berat. Selain itu, PMK bukan penyakit zoonosis yang akan menulari manusia.

Kendati demikian, pemotongan ternak terindikasi PMK itu dilakukan dengan prosedur ketat.

"Penyembelihan dipisahkan dengan hewan lain, dipotongnya paling terakhir. Sementara untuk hati terkena cacing, langsung dikuburkan, sedangkan pengolahan jeroan wajib direbus sebelum dibagikan," tandasnya. (Jas)

Kredit

Bagikan