Perangkat Desa Gelar Aksi, Tuntut Kenaikan Kesejahtraan

user
ivan 11 Juli 2022, 15:32 WIB
untitled

BANYUMAS, KRJOGJA.com - Menuntut kenaikan kesejahtraan, ribuan perangkat desa (Perdes) yang tergabung Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) dan sejumlah kepala desa yang tergabung dalam Satria Praja Kabupaten Banyumas, Senin (11/07/2022) melakukan aksi damai di halaman Pendopo Bupati Banyumas di Purwokerto.

Tohidin, Kordinator Lapangan (Korlap) aksir mengatakan dalam aksi tersebut ada sejumlah tuntutan yang diinginkan oleh peserta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan DPRD Banyumas. Seperti meminta tambahan penghasilan untuk perangkat desa dan kepala desa, pemberian tunjangan hari raya.

"Selama ini baik perangkat desa maupun kepala desa belum mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR), yang seharusnya dapat diterima oleh perangkat desa dan kepala desa," kata Tohidin disela aksi.

Selain tuntutan tersebut, juga ada ada tuntutan tentang aturan tanah bengkok. Kemudian memecahkan Dinsospermades menjadi dua dinas yakni dinas sosial dan dinas pemberdayaan masyarakat desa.

Setelah beberapa saat melakukan aksi mereka kemudian menemui Bupati Banyumas dan anggota DPRD Banyumas untuk membahas tuntutan tersebut. Di Banyumas saat ini ada 31 desa yang belum mendapatkan penghasilan.

“Di pemerintah desa kan ada dua pendapatan, tambahan penghasilan dan penghasilan tetap. Kami minta kepada Bupati dan Pimpinan Dewan untuk alokasikan tambahan penghasilan di 31 desa itu," pintanya. (Dri)

Credits

Bagikan