Siswa Kejuruan Ikuti Uji Kompetensi Kerja

user
agus 11 Juli 2022, 11:54 WIB
untitled

KARANGANYAR, KRJOGJA.com - Sebanyak 60 peserta didik SMKN Jatipuro mengikuti kompetensi kerja pada akuntansi dan keuangan lembaga serta teknik otomotif. Kualifikasi mereka ditakar oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Kepala SMKN Jatipuro, Sri Eka Lelana mengatakan peserta kompetensi kerja sebanyak 60 peserta didik, yakni 20 orang untuk program Akuntansi dan Keuangan Lembaga serta 40 orang untuk program Teknik Otomotif.

"Dalam penguatan pembelajaran di SMK dan penguatan kompetensi lulusan,  SMK Negeri Jatipuro selain dengan konsep merdeka belajar dengan pilihan merdeka berubah dan pelaksanaan project based learning ( PBL ) perlu ditempuh dengan pendekatan program link & match 8+I sebagaimana di programkan oleh Kemendikbud Ristek RI," kata Sri Eka Lelana, Senin (11/7).

Pelaksanaan sertifikasi kompetensi kerja ini dibarengi magang guru dan siswa dan Program guru tamu dari industri.

Adapun pelaksanaan sertifikasi kompetensi kerja teknik otomotif dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Otomotif Indonesia di Bengkel SMK Negeri Jatipuro mulai Senin-Kamis (11-14/7) yang difokuskan pada uji R4 ETU Sistem Injeksi. Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja Teknik Otomotif mempergunakan 4 Mobil yang dimiliki oleh SMK Negeri Jatipuro.

Pada Pelaksanan ini setiap satu peserta diuji oleh satu orang assessor. Kegiatan ini sudah diawali pelatihan persiapan uji kompetensi oleh guru – guru teknik otomotif pada tanggal 4-8 Juli 2022.

"Peserta PSKK adalah siswa kelas XII yang beberapa waktu yang lalu telah lulus. Sehingga jelang uji kompetensi, tetap dilakukan pendampingan oleh sekolah supaya nantinya lulus kompetensi," katanya.

Selanjutnya dengan sertifikat tersebut lulusan SMK Negeri Jatipuro bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kompetensinya dengan penghasilan layak.

"Kami juga sangat berharap tahun 2023 SMK Negeri Jatipuro masih memperoleh kuota bantuan Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja," katanya. (Lim)

Kredit

Bagikan