Antisipasi Banjir, Dua Sungai Dinormalisasi

user
danar 10 Juli 2022, 21:10 WIB
untitled

BANYUMAS, KRJOGJA.com - Pasca bencana banjir di Desa dan Kecamatan Lumbir, Banyumas, beberapa waktu lalu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas, dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citandui, bersama warga setempat melakukan normalisasi pertemuan Sungai Ciwera dan Sungai Ciawur.

"Normalisasi sungai dilakukan karena di Sungai Ciwera dan Sungai Ciawur yang mengalir di Lumbir, sudah terjadi pendangkalan. Sehingga saat hujan sungai tidak mampu menampung air dan menyebabkan banjir," kata Kepala Pelaksana BPBD Banyumas, Budi Nugroho, Minggu (10/7/2022).

Menurutnya selain melakukan normalisasi dengan pengerukan akibat pendangkalan, petugas juga menutup tanggul yang jebol, dan saat ini sudah tertutup.

Untuk normalisasi sungai membutuhkan waktu sekitar satu bulan dengan menggunakan alat berat. Normalisasi butuh waktu satu bulan lantaran di pertemuan kedua sungai banyak yang dangkal.

Diharapakan dengan normalisasi sungai yang dangkal dengan mengangkat tanah atau material keluar maka bencana banjir terutama pada musim hujan bisa diantisipasi. (Dri)

Credits

Bagikan