Idul Adha sebagai sarana Membangun peradaban manusia, Perlu Belajar dari Keluarga Ibrahim

user
agus 09 Juli 2022, 21:11 WIB
untitled

MAGELANG, KRjogja.com - Sholat Idul Adha 1443/2022 dilaksanakan umat muslim di Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang di halaman kantor kecamatan setempat, Sabtu (9/7/2022).

Ustad Agus Efendi bertindak sebagai imam dan khotib pada sholat Idul Adha yang digelar Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bandongan itu.

Agus Efendi mengatakan terdapat pesan penting dalam Idul Adha yakni membangun keluarga untuk membangun peradaban bangsa, sebagaimana keluarga Ibrahim.

Keluarga Ibrahim adalah contoh sukses membangun peradaban manusia. Kisah keluarga Ibrahim diabadikan dalam Alquran.

Dia mengatakan pada zaman ini perlu membangun keluarga dengan baik untuk membangun peradaban manusia yang lebih baik.

Kunci membangun keluarga adalah adanya peran serta dari orang tua dalam mendidik anak.

Maka itu disampaikannya kunci pelajaran dalam mendidik keluarga agar mendapat anak sholeh yakni orang tua harus belajar menjadi sholih. Dengan demikian agar anak punya teladan.

Selain itu keluarga Ibrohim  kata dia, mengajarkan orang tua harus bersungguh-sungguh dalam berdoa dan berikhtiar mewujudkan anak menjadi anak sholih.

Dikatakan, orang tua juga harus konsisten mencari rizki yang halal untuk keluarga dan anak, sebab setiap asupan ke anak akan berpengaruh pada perkembangan anak.

Orang tua, tambahnya juga harus memberikan kasih sayang tetapi tanpa memanjakan anak.

Dan yang tidak kalah pentingnya, kata dia, yakni orang tua terus belajar dalam mendidik anak untuk menjadi anak Sholih, dengan konsep Rasulullah. (Osy)

Kredit

Bagikan