Berniat Temui Megawati, Anak-Anak Muda ‘Gerakan Pancasila’ Usung Ganjar Pranowo Capres 2024

user
agus 09 Juli 2022, 20:10 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Gerakan Pancasila, komunitas peduli Pancasila yang diisi anak-anak muda berbagai latarbelakang di Indonesia, menggelar konsolidasi di Yogyakarta, Sabtu (9/7/2022). Mereka menyatakan dukungan mengusung Ganjar Pranowo untuk maju sebagai calon presiden pada pemilu 2024 mendatang.

Sekjen Gerakan Pancasila, Muhammad Samsul Hadi, mengatakan keputusan mengusung Ganjar Pranowo didasarkan pada latarbelakang sosoknya yang mengamalkan serta menerapkan Pancasila. Ganjar dinilai tepat melanjutkan program Jokowi dan mampu berkomunikasi dengan berbagai elemen masyarakat.

“Dalam memimpin Jawa Tengah kami melihat beliau melakukannya dan kami berharap karier politik beliau terus berlanjut sebagai calon presiden di 2024. Hari ini kami konsolidasi, menetapkan hati mendukung Pak Ganjar,” ungkapnya ketika bertemu media di Bilik Kayu Heritage, Sabtu (9/7/2022).

Sebagai langkah konkret, Gerakan Pancasila akan bertemu Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri untuk menyampaikan dukungan pada Ganjar sekaligus meminta partai mengusung sosoknya secara resmi.

“Kami akan bertemu dengan Ibu Megawati untuk memberikan pertimbangan bahwa Ganjar mampu melanjutkan program kerja Presiden Joko Widodo dan beliau sosok Pancasilais sekali. Tidak ada alasan lain Ibu Megawati menolak usulan kita,” sambungnya.

Joko Kanigoro, Ketua Dewan Pengarah Gerakan Pancasila, menambahkan pihaknya akan meminta pada PDI Perjuangan untuk resmi mengusung Ganjar sebagai calon presiden 2024 mendatang. Ia menilai PDI Perjuangan harus disowani paling awal karena menjadi partai yang menaungi Ganjar.

“Pak Ganjar adalah kader partai, jadi kami akan meminta Ibu Megawati untuk mengusung Pak Ganjar, kami sampaikan latarbelakang dukungan kami. Kami juga akan ke parpol lain untuk menyampaikan sosok Ganjar Pranowo. Kami bahkan sudah punya strategi untuk memenangkan, lalu mengawal sampai tuntas ketika dia jadi presiden. Kami tidak akan sendika dawuh begitu saja tapi akan mengawal kepemimpinannya,” tandasnya.

Menanggapi kemungkinan rekomendasi PDI Perjuangan yang tidak jatuh pada Ganjar, Joko menilai hal tersebut akan sulit terjadi. Apalagi, saat ini elektabilitas Ganjar masih sangat tinggi sehingga tidak ada alasan bagi partai untuk tidak memberikan reklmendasi pada sosok Gubernur Jawa Tengah itu.

“Awal 2023 kami akan membuat format lebih masif dan akan menghadap Ibu Megawati. Minimal kita sudah menyampaikan ke partai yang menaungi Pak Ganjar. Namun perkembangan kita dinamis, kami melihat perkembangan selanjutnya apabila ada skenario terburuk, partai tidak mengusung Ganjar,” pungkas dia. (Fxh)

Kredit

Bagikan