Meski PMK Meluas, Bupati Cilacap Jamin Hewan Kurban yang Disembelih Sehat dan Baik

user
danar 08 Juli 2022, 17:30 WIB
untitled

CILACAP, KRJOGJA.com - Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menjamin hewan kurban di Kabupaten Cilacap yang akan disembelih pada Idul Adha 1443 H seluruhnya dalam keadaan sehat. Sedang kebutuhan hewan kurban pada tahun 2022 sudah tercukupi dengan persediaan hewan kurban yang ada di Kabupaten Cilacap.

"Hewan kurban yang ada dalam keadaan sehat, baik dan layak untuk dikonsumsi," ujarnya, usai meninjau kandang sapi milik Kasman di Hutan Payau Tritih Kulon, Cilacap Utara, Jumat (08/072022).

Diakuinya, di Cilacap terdapat ratusan ekor sapi yang terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK), namun demikian sebagian besar hewan sapi itu sudah bisa disembuhkan. Sehingga sapi-sapi yang telah sembuh tersebut dinyatakan sudah bisa dikonsumsi.

"Namun demikian, sapi sudah sembuh itu menghimbau masyarakat melalui ke Dinas Pertanian agar kepala dan kakinya untuk dibuang saja," lanjutnya.

Sekretaris Dinas Pertanian Sigit Widayanto mengatakan, dari hasil pengawasan yang dilakukan di Cilacap ditemukan sebanyak 303 ekor sapi terpapar PMK, namun 128 ekor dinyatakan sudah sembuh. Kasus PMK itu tersebar pada 9 Kecamatan di Cilacap.

"Tim Unit Reaksi Cepat atau URC Kabupaten Cilacap didukung tim internal Dinas Pertanian saat ini masih intensif melakukan pengobatan dan sanitasi kandang milik peternak," katanya.

Sehingga dari 50 persen lebih hewan ternak yang sakit itu sudah diobati dan menunjukkan peningkatan kesehatannya.

Dijelaskan, hingga saat ini masih ada sebanyak 168 ekor ternak masih dalam masa pengobatan penyakit mulut dan kuku dan guna menghindari penyebaran PMK di Cilacap, ada tujuh ekor sapi yang terpaksa dipotong. Namun akibat dari kasus PMK itu diketahui tidak ada yang sampai mati.

Adapun penyediaan hewan kurban untuk tahun 2022 tidak berbeda jauh dengan tahun 2021. Kondisi itu menunjukan kebutuhan hewan kurban di Cilacap tahun 2022 tidak banyak terpengaruh dengan pandemi Covid-19, masyarakat masih antusias untuk berkurban pada tahun ini. Begitu pula dengan kasus PMK, Pemerintah telah berupaya untuk menekan perkembangan kasus tersebut dengan melakukan vaksinasi pada hewan kurban.

"Untuk vaksinasi, Kabupaten Cilacap mendapatkan bantuan 5000 vaksin, yan didrop secara bertahap," tambahnya.

Menurutnya, untuk realisasi Penyembelihan Hewan Kurban Tahun 1442 H / 2021 M di Cilacap, hewan kurban Sapi sebanyak 5.595 ekor dan Kambing sebanyak 13.806 ekor serta Domba 579 ekor, sehingga jumlah keseluruhannya sebanyak 19.980 ekor.(Otu)

Kredit

Bagikan