Dukung Pemulihan Ekonomi, Perbankan Dampingi Pelaku UMKM

user
ivan 07 Juli 2022, 15:11 WIB
untitled

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Sektor perbankan terus berupaya mendukung pemulihan ekonomi sejak pandemi Covid-19 berdampak pada perekonomian masyarakat di Indonesia. Perbankan di tingkatan daerah pun melakukan terobosan itu antara lain dengan mendampingi pelaku UMKM serta memberi kemudahan akses permodalan dengan suku bunga rendah.

Perbankan juga memperkuat sinergitas dengan stakeholder lain dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi itu. "Kami perkuat sinergitas dan diwujudkan dengan berbagai program yang memihak kepada masyarakat, khususnya pelaku UMKM di Purworejo," ujar Kepala Kantor Cabang BNI Purworejo Fujiatmoko Mahendra, kepada KRJOGJA.com, di sela peringatan HUT ke-76 BNI, di kantornya, Selasa (05/07/2022).

Menurutnya, perekonomian daerah yang tumbuh dengan baik akan mendukung perekonomian secara nasional. "Sesuai dengan tema BNI for Stronger Indonesia dengan slogan BNI melompat lebih tinggi dalam peringatan HUT ke - 76 ini, kami terapkan untuk membangun masyarakat," tuturnya.

Dikatakan, dukungan terhadap pelaku UMKM tidak hanya dilakukan selama pandemi, namun dilaksanakan jauh sebelum Covid-19. Kurang lebih 800 UMKM di Purworejo menjadi binaan BNI.

Bentuk pendampingan, katanya, dilakukan sesuai dengan jenis UMKM dan kondisi usahanya. "Misalnya kita dukung pemasaran, kita bantu hubungkan dengan perusahaan sasaran pasar, hingga dukungan permodalan dengan suku bunga yang rendah,” paparnya.

Fujiatmoko memperkirakan, perekonomian segera pulih dalam waktu dekat seperti sebelum adanya pandemi. Indikasi itu terlihat dari perkembangan jumlah nasabah di BNI Purworejo.

"Sekarang ada 157.676 nasabah dan naik 5 % dibandingkan tahun 2021. Ini salah satu indikasi membaiknya ekonomi, dan dana terkumpul itu akan terus disalurkan untuk memulihkan ekonomi baik melalui aktivitas jasa keuangan," tuturnya.

Dalam peringatan HUT ke-76, BNI Purworejo menyelenggarakan syukuran, bakti sosial dalam bentuk donor darah massal, serta kegiatan olahraga berupa turnamen futsal. BNI Purworejo melibatkan, BNI melibatkan beberapa instansi terkait, TNI, dan Polri.

"Kami ingin mengajak semua pihak untuk menguatkan sinergitas sekaligus mengajak masyarakat untuk sehat sehingga dapat bangkit dari pandemi. Karyawan BNI juga berdonor, sebagai simbol kepedulian terhadap masyarakat," tandasnya. (Jas)

Credits

Bagikan