Jelang Idu Adha Pemkab Kulonprogo Pastikan Kesiapan Seluruh Instansi

user
Ary B Prass 06 Juli 2022, 04:37 WIB
untitled

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo memastikan kesiapan seluruh instansi dalam menghadapi perayaan Idul Adha 1443 H.

Penjabat (Pj) Bupati Kulonprogo Drs Tri Saktiyana mengatakan, pemkab telah melakukan berbagai upaya menjelang Idul Adha 1443 H, diantaranya memastikan ketercukupan bahan pokok penting di tengah inflasi.

Memastikan pelaksanan perayaan Idul Adha berjalan aman dan prosedur pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di tengah penanganan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) benar-benar harus baik.

"Kita melihat laporan, 13 item pangan kita aman. Kita yakin perayaan Hari Raya Idul Adha 1443 H atau 2022 bisa berjalan baik dan lancar," kata Tri Saktiyana saat memimpin Rakor Forkompinda Kabupaten Kulonprogo di Ruang Menoreh.

Pemkab melalui Dinas Pertanian dan Pangan ungkap Tri Saktiyana juga telah menyiapkan standar prosedur dan juga tim untuk memantau dan mengawasi pelaksanaan penyembelihan hewan kurban.

"Tim kesehatan termasuk dokter akan memastikan hewan-hewan korban layak, sehat atau tidaknya untuk disembelih. Kami juga mengimbau masyarakat dalam merayakan Idul Adha tetap mengutamakan keamanan, ketenteraman lingkungan dan kerukunan antarwarga. Pelaksanaan takbir keliling dapat digelar di wilayah atau lingkungan kalurahan masing-masing," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Pangan setempat, Ir Muh Aris Nugroho menyampaikan perkembangan kasus PMK per 3 Juli 2022 telah mencapai 768 ekor.

Tercatat 393 ekor sembuh dan 370 ekor dalam penanganan, untuk kematian baru 2 kasus dan 3 ekor dilakukan potong paksa karena kondisinya tidak memungkinkan.

"Pemkab telah melakukan berbagai upaya dalam menanggulangi penyebaran PMK, mulai dari pencegahan hingga pencanangan vaksinasi yang telah dilakukan pada 28 Juni lalu, hal ini sekaligus juga sebagai upaya persiapan ternak untuk hewan kurban," kata Aris. (Rul)

Kredit

Bagikan