Dikubur Tidak Wajar, Polisi Bongkar Makam 'Mr X' di Godean

user
Agusigit 07 September 2022, 15:16 WIB
untitled

Krjogja.com - Polres Sleman dan Polsek Godean melakukan ekshumasi atau penggalian mayat di area pemakaman Padukuhan Kragilan Sidomoyo Godean Sleman, Rabu (7/9). Pembongkaran dilakukan setelah polisi mendapatkan laporan dari warga, terkait temuan kerangka manusia yang diduga dikubur dengan tidak wajar.

Temuan itu, berawal saat warga termasuk Temu Budianto (57), sedang menggali tanah untuk pemakaman jenazah, beberapa hari lalu. Namun saat kedalaman sekitar setengah meter, ia menemukan sebuah tas kresek. Saat digali lebih dalam, ditemukan satu tas kresek lagi yang berisi tulang.

Selain itu ditemukan pula jaket dan slayer atau selendang kecil. "Saat jaket diangkat, kepalanya jatuh. Kalau tulang mengumpul jadi satu. Kerangka tidak pakai kain kafan dan tidak pakai peti. Posisinya seperti orang duduk," terangnya.

Temu menambahkan, gigi yang masih melekat pada tengkorak, masih utuh dan bentuknya kecil-kecil. Dengan kondisi gigi yang dilihatnya itu, Temu menduga usia mayat 20-25 tahun.

Kapolsek Godean Kompol Agus Nuryanto mengatakan, ekshumasi melibatkan jajaran Polsek Godean, Inafis, Polres Sleman dan tim forensik RS Bhayangkara dengan tujuan agar kerangka bisa diidentifikasi. "Kegiatan ini berawal dari laporan masyarakat, mereka menilai keberadaan kerangka mencurigakan. Warga juga menyebut jika pemakaman tidak sebagaimana wajarnya karena posisinya duduk dengan kedalaman sekitar setengah meter," ungkap Kapolsek.

Dari temuan di TKP, diduga kerangka tersebut diduga berjenis kelamin perempuan. "Kami meminta jika ada warga yang kehilangan salah satu anggota keluarganya, bisa mendatangi Polsek untuk melakukan kroscek," pungkasnya.

Kasat Reskrim Polres Sleman AKP Rony Prasadana SIK dikonfirmasi terpisah mengatakan, pihaknya sudah menyebarkan informasi temuan kerangka itu. Hanya saja hingga Rabu siang, belum ada warga yang melapor kehilangan salah satu anggota keluarganya. Dari temuan di TKP, Rony menyebut ada sejumlah barang yang ditemukan yakni jaket dan pakaian dalam wanita.

"Kami masih menunggu hasil kedokteran untuk identifikasi kerangka," tandasnya.(Ayu)

Credits

Bagikan