Unik, Vaksin di Kereta Klinik dan Peserta Dapat Bonus Sembako

user
danar 07 September 2022, 17:50 WIB
untitled

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Vaksin booster yang diadakan manajemen PT Kereta Api Indonesia (KAI) bekerjasama sejumlah perusahaan dan komunitas yang terpusat di Stasiun Sentolo Kabupaten Kulonprogo, unik. Karena berlangsung di atas kereta rail clinic atau kereta klinik. Selain itu seluruh peserta mendapat bantuan paket sembako. Bonus paket sembako dinilai mampu menarik perhatian masyarakat untuk mengikuti vaksinasi booster. Sehingga jumlah peserta melebihi target 500 orang.

“Kami menargetkan vaksin hari ini 500 peserta. Vaksin booster penting karena menjadi salah satu syarat perjalanan jarak jauh menggunakan kereta api," tegas Executive Vice President PT KAI Daop 6 Yogyakarta Iwan Eka Putra di sela pelaksanaan Program Berbagi Peduli di Stasiun Sentolo, Rabu (7/9/2022).

Selain di Stasiun Sentolo pihaknya juga akan mengadakan vaksin serupa di lokasi lain. Vaksinasi juga dalam upaya mendukung capaian vaksinasi booster di Kulonrogo yang baru 29 persen. "Vaksinasi kami laksanakan di atas kereta rail clinic,” jelas Iwan Eka Putra.

Program Berbagi Peduli yang meliputi vaksinasi booster, pemeriksaan kesehatan gratis dan pasar istimewa merupakan rangkaian Hut ke-77 PT KAI bekerja sama Pemkab Kulonprogo, PT Jasa Raharja, DPD APRINDO DIY, ICSB DIY, DPD Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) DIY dan Badan Inteligen Negara Daerah (Binda) DIY.

Sementara itu Kepala Binda DIY Brigjen Pol Andry Wibowo menjelaskan, pihaknya berkomitmen mendukung pemerintah melaksanaan vaksinasi Covid-19 karena bagian penting menjaga imunitas masyarakat. “Mudah-mudahan dengan vaksinasi ekonomi DIY bangkit, begitu juga di sekor pendidikan dan pariwisata pulih seperti sedia kala,” ujarnya.

Implementasi mendukung vaksinasi, Binda DIY akan terus menggelar vaksinasi bagi masyarakat dengan bekerja sama puskesmas dan elemen kesehatan lain.

Sedangkan Pj Bupati Kulonprogo Dra Tri Saktiyana, membenarkan capaian vaksinasi booster di Kulonprogo masih di bawah rata-rata DIY. Padahal capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan kedua cukup tinggi. Sebagian masyarakat merasa cukup vaksinasi dosis kedua. “Kami akan jemput bola melakukan penguatan vaksinasi booster,” katanya. (Rul)

Credits

Bagikan