Setelah Uji Coba Tiga Hari, Pintu 'Teteg Wetan' Akan Ditutup Permanen

user
danar 08 September 2022, 08:10 WIB
untitled

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan di perlintasan kereta api sebidang maka Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kulonprogo akan menutup secara permanen pintu perlintasan kereta api sisi timur atau teteg wetan di Wates. Rencananya penutupan dilakukan mulai 20 September 2022 mendatang diawali dengan uji coba selama tiga hari.

"Benar mulai Selasa 20 September nanti ada penutupan, tapi akan ada trial management lalu lintasnya dulu selama 3 harian. Setelah itu sambil berjalan akan dievaluasi, apakah benar-benar dapat ditutup secara permanen," kata Kepala Dishub L Bowo Pristyanto, Rabu (7/9/2022).

Diungkapkan penutupan teteg wetan untuk meminimalisir terjadinya insiden antara pengguna jalan dengan kereta api. Hal tersebut berkaitan dengan semakin tingginya mobilitas kereta api sehingga riskan terjadi kecelakaan.

"Informasi dari PT KAI, penutupan dilakukan untuk mendukung zero accident. Apalagi sekarang jalur itu sangat padat. Untuk kereta bandara saja setiap hari ada 12 perjalanan pulang pergi, belum lagi tambah kereta jarak jauh. Makannya kalau setiap pagi lewat situ dipastikan sering ditutup palang pintunya karena saking banyaknya traffic kereta sampai akhirnya membuat macet," kata Bowo.

Dijelaskan, penutupan teteg wetan merupakan kewenangan PT KAI tapi dalam pelaksanaannya melibatkan instansi terkait termasuk Dishub. Rencana penutupan pintu perlintasan kereta api tersebut sebenarnya sudah lama, tapi baru bisa direalisasikan tahun ini seiring dibukanya underpass Kemiri yang berjarak sekitar 650 meter sisi timur pintu perlintasan sebagai jalur pengganti teteg wetan.

"Jadi nanti kendaraan dialihkan lewat underpass Kemiri," ujarnya. (Rul)

Credits

Bagikan