Ganjar Pranowo Ingin Stunting Menurun, Mahasiswa Perlu Dampingi Ibu Hamil

user
agus 07 September 2022, 21:31 WIB
untitled

SEMARANG,KRJOGJA.com - Sedikitnya 3.422 mahasiswa baru (maba) Universitas Muhammadiyah Semarang Unimus mengikuti Masa Ta'aruf (Masta) bagi maba Unimus tahun akademik 2022/2023 di kampus Unimus, 5-10 September 2022.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyempatkan hadir Senin (5/9/2022) dan memberi semacam kuliah umum kebangsaan tentang perlunya terbentuknya generasi muda Indonesia berlandaskan Pancasila.

"Jadilah generasi muda Pancasila dengan ciri di antaranya bangga akan NKRI, tidak terpengaruh hoaks dan lain lain. Generasi ini perlu sumberdaya manusia yang unggul dan mempersiapkan diri mulai dari sekarang karena tatanan dunia cepat berubah dan penuh tantangan. Mahasiswa merupakan potensi dan aset yang mampu berperan aktif" ujar Ganjar.

Pada kesempatan tersebut Ganjar juga mengajak kalangan kampus Unimus (mahasiswa dan dosen) ikut ambil bagian pada upaya penurunan angka stunting di Jateng. Konsepnya, mahasiswa mendampingi salah seorang ibu hamil dengan mendapat bimbingan para dosen (one student one klien). Ibu hamil dipantau dan didampingi mahasiswa yang berkontribusi besar mendukung penurunan angka stunting.

Ganjar yakin cara itu bisa dilakukan Unimus terlebih perguruan tinggi ini banyak memiliki fakultas bidang kesehatan di antaranya fakultas kedokteran, kedokteran gigi, kesehatan masyarakat, dan ilmu kesehatan dan keperawatan. Melalui Pendamping ibu hamil maka mahasiswa akan belajar banyak.

Selain mendapat pengalaman nyata dalam urusan akademi, mereka belajar mengasah kepekaan sosial.

Pendampingan ibu hamil, ujar Ganjar, sejalan pula dengan program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng. Istilah tersebut mengandung arti ingin mengurangi kematian ibu dan bayi dengan konsep nginceng wong meteng (mengintip atau memantau orang hamil). Di situ muncul interaksi intensif termasuk membantu ibu memahami persoalan gizi yang baik.

Langkah tersebut juga bagian dari mencegah kasus stunting, sekaligus memberikan pemahaman tentang pentingnya gizi seimbang bagi ibu hamil dan calon bayi.

Sementara itu Rektor Unimus Prof Dr Masrukhi MPd menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang mau hadir dan memberi kuliah umum pandangan penting tentang generasi muda dan pembangunan bangsa.(Sgi)

Kredit

Bagikan