Dinkominfo Temanggung Segera Bagikan 'Set Top Box' Digital Gratis Bagi 221.726 Warga

user
ivan 07 September 2022, 13:57 WIB
untitled

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com - Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung segera bagikan Set Top Box (STB) digital gratis pada warga miskin. Berdasar data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) Kementerian Sosial di Temanggung terdapat 221.726 warga miskin calon penerima.

"Namun ada syarat untuk menerima STB, sehingga perlu diverifikasi. Kini sedang dalam verifikasi oleh tim di daerah," kata Kepala Dinkominfo Kabupaten Temanggung, Samsul Hadi, Rabu (07/09/2022).

Dia mengatakan kriteria penerima bantuan STB berdasarkan hasil rapat koordinasi Dirjen Bina Pembangunan Desa Kementerian Dalam Negeri pada tanggal 17 Juni 2022 adalah Rumah tangga miskin yang berbasis DTKS/PKH.

Selain itu memiliki pesawat TV analog dan menikmati siaran TV teresterial, lokasi rumah tangga berada di lokasi siaran TV digital, bersedia menerima dan memanfaatkan bantuan STB, dan dalam satu rumah tangga miskin menerima satu bantuan STB. "Jadi mereka yang memiliki smart televisi dan tidak berada di lokasi siaran tv digital tidak mendapat bantuan STB digital," kata dia.

Dia mengatakan pemerintah melakukan penghentian siaran TV Analog/Analog swicht Off (ASO) sehingga siaran televisi hanya bisa ditangkap dengan antena digital. Pemerintah katanya lantas menyalurkan STP digital untuk membantu warga miskin, sehingga mereka kembali bisa melihat siaran televisi.

Dikatakan hasil verifikasi DTKS atas keluarga miskin, data akan dikirim pada Kementerian Kominfo untuk dijadikan dasar pemberian STB. (Osy)

Credits

Bagikan