Bakal Dongkrak Wisatawan, Pantai Samas Menuju Kampung Bahari

user
tomi 07 September 2022, 11:39 WIB
untitled

BANTUL, KRJOGJA.com - Gerakan nasional laut bersih Tahun 2022 dalam rangka peringatan HUT ke- 77 TNI Angkatan Laut dipusatkan di Pantai Samas Srigading Sanden Bantul, Rabu (7/9). Dalam kegiatan tersebut juga melibatkan anggota Pangkalan TNI Angkatan Laut Yogyakarta, pelajar SMK Kelautan Yogyakarta, SAR Satlinmas wilayah IV Bantul serta masyarakat kawasan Pantai Samas.

Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (KH/W) Damayanti, SH MM CHRMP mengatakan, dipilihnya Pantai Samas untuk gerakan nasional laut bersih dengan pertimbangan kawasan tersebut akan dijadikan Kampung Bahari Nusantara oleh TNI AL dengan lima klaster. Dengan program tersebut diharapkan kawasan Samas dilirik wisatawan. Sehingga kejayaan Pantai Samas kembali dibangkitkan.

"Kami punya harapan ketika pencanangan Kampung Bahari Nusantara Bulan Oktober 2022 Pantai Samas sudah siap,"ujar Damayanti. Dijelaskan, konsep Kampung Bahari Nusantara tidak sekadar menyangkut pariwisata. namun juga ada ketahanan pangan dan pelestarian lingkungan. Seperti pengembangan komoditas pertanian mulai padi, jagung, kedelai, cabai dan lainnya. Sementara khusus pelestarian lingkungan, TNI AL sudah melaksanakan penanaman bibit mangrove. D

Damayanti optimis, gerakan nasional laut bersih diharapkan wisatawan bakal datang ke Pantai Samas. Ketika lingkungan pantai bersih, wisatawan akan mengunjungi. "Harapan kita Pantai Samas ini kembali bangkit, menggeliat dan menarik wisatawan untuk datang. Itu keinginan dari Lanal Yogyakarta," ujarnya.

Damayanti berharap kerjasama dari masyarakat kawasan Pantai Samas, ketika sudah melihat objek wisata bersih dan nyaman tetap menjaga kebersihan dan kenyamanan agar wisatawan datang ke Pantai Samas. "Yang jelas program bersih pantai ini merupakan instruksi dari Bapak KASAL selain kegiatan donor darah, pembersihan karang gigi hingga sunatan masal," ujarnya.(Roy)

Credits

Bagikan