Minat Semakin Tinggi, 240 Murid Ikuti MTQ Tingkat SD

user
tomi 06 September 2022, 18:29 WIB
untitled

SLEMAN, KRJOGJA.com - Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Seolah Dasar (SD) se-Kapanewon Mlati, kembali digelar, Selasa (6/9). Bertempat di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sinduadi Timur, sebanyak 240 murid dari 42 sekolah di wilayah Mlati Sleman, mengikuti ajang yang rutin digelar tiap tahun tersebut.

"Peserta lomba tahun ini, lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya. Jika sebelumnya diikuti 200 peserta dari 37 sekolah, kali ini dari diikuti 240 murid dari 42 sekolah yang ada di Kapanewon Mlati," ungkap ketua kegiatan, Hendi Kurniawan MPd.

Banyaknya sekolah yang mengirimkan anak didiknya, menurut Hendi, menandakan minat dan antusiasme baik peserta didik maupun sekolah, tinggi dalam mengikuti even tersebut.

Dikatakan Hendi, setiap sekolah ada yang mengirimkan 5 hingga 9 siswa didiknya untuk ikut berkompetisi dalam 5 cabang yang dilombakan. Adapun kelima cabang yang dilombakan, yakni tilawatil, hifdzil, tartil Qur'an, pidato agama dan adzan.

Para pemenang di masing-masing cabang lomba, lanjutnya, akan dikirim untuk mengikuti lomba yang sama di tingkat Kabupaten Sleman pada Oktober mendatang. "Biasanya ada lomba melukis dan cerdas cermat, namun karena melihat situasi apalagi sedang musim pancaroba, menjadi pertimbangan lomba dibatasi," tandasnya.

Hendi berharap, kegiatan tersebut dapat menumbuhkan rasa cinta pada Al-Qur'an sekaligus melatih mental anak dalam mengikuti perlombaan. Sedangkan Panewu Mlati Drs Arifin MLaws berharap, even tersebut selain memunculkan siswa berprestasi, juga menjadi pijakan dalam pembelajaran penerapan karakter anak. (Ayu)

Credits

Bagikan