AC Meledak, Api Langsung Lahap Mess Karyawan

user
tomi 04 September 2022, 17:28 WIB
untitled

KARANGANYAR, KRJOGJA.com - Mess karyawan di Komplek Kantor Proyek Waduk Jlantah, Jatiyoso terbakar, Jumat (2/9). Dugaan sementara kebakaran terjadi dipicu konsleting listrik pada kabel AC. Peristiwa terjadi sekira pukul 16.30 WIB. Saat itu komplek kantor tersebut dalam kondisi kosong karena semua karyawan sedang bekerja.

Tiba-tiba dari lantai dua mess karyawan tersebut keluar asap dan api menyala-nyala. Selanjutnya karyawan bersama warga dan relawan bergotong-royong memadamkan api namun kewalahan sehingga mendatangkan dua unit mobil pemadam kebakaran dari Kantor Satpol PP Damkarlinmas Pemkab Karanganyar yang langsung menyemprotkan air ke sumber api.

Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo SIK melalui Kapolsek Jatiyoso AKP Suraji membenarkan kejadian tersebut.

“Iya kejadian sore kemarin namun kini api terkendali,” ungkap Kapolsek, Sabtu (3/9).

Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Karanganyar Bakdo Harsono mengatakan, kebakaran Mess Adhi Karya ini pertama kali diketahui oleh Triyono (46).

Menurut Bakdo, saat itu Triyono melihat kepulan asap dari mess karyawan PT Adhi Karya. Setelah didekati, Ternyata mess karyawan pembangunan waduk tersebut telah terbakar.

Anggota TNI, Polsek setempat, BPBD, masyarakat serta para relawan berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Sebelum akhirnya dua unit mobil pemadam kebakaran tiba dilokasi.

“Warga berupaya memadamkan api, namun gagal. Petugas pemadam yang tiba dilokasi kejadian langsung melokalisir api agar tidak menjalar ke lokasi lain,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Karanganyar Bagus Darmadi kembali mengingatkan warga untuk meningkatkan kewaspadaan dan hati-hati saat musim kemarau ini.

“Banyak hal yang menjadi pemicu terjadinya kebakaran. Diantaranya hubungan pendek arus listrik, membakar sampah sembarangan serta meninggalkan kompor yang masih menyala. Kami ingatkan agar masyarakat tetap hati-hati,” katanya mengingatkan. (Lim)

Kredit

Bagikan