Seminar Nasional Polhi 4 Unwahas Bahas Demokrasi dan Pemilu 2024

user
agus 04 September 2022, 07:11 WIB
untitled

SEMARANG,KRJOGJA.com - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wahid Hasyim (Fisip Unwahas) Semarang menggelar Seminar Nasional Politik dan Hubungan Internasional (Senas Polhi 4) secara hybrid (daring dan luring), Rabu (31/8/2022).

Seminar dengan pidato pembuka dari Rektor Unwahas Prof Dr Mudzakir Ali MA dan Ketua Komisi II DPR RI Dr Ahmad Doli Kurnia Tanjung SSi MT (Ketua Komisi II DPR RI) ini menampilkan 3 nara sumber yaitu Kuskridho Ambardi MA PhD (Universitas Gadjah Mada), Dr Agus Riyanto SIP MSi (Dekan FISIP Unwahas) dan Prof Dr Kacung Marijan MA PhD (Guru Besar Ilmu Politik Unair) dengan moderator Anna Yulia Hartati SIP MA (Dosen Unwahas).

Ketua Panitia Dr Martin Dr Ali Martin MSi (kepala LP2M Unwahas) menyampaikan seminar nasional bertemakan "Demokrasi dan Pemilu 2024: Menuju Tatanan Politik Nasional dan Global Pasca Covid-19" ini sebagai sarana sosialisasi hasil hasil penelitian dan pengabdian masyarakat para dosen Unwahas dan luar Unwahas. Juga sebagai wahana Tri Dharma Perguruan Tinggi meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Rektor Unwahas Prof Dr Mudzakir Ali MA menyampaikan urusan pemilu dan demokrasi merupakan tanggungjawab semua warga negara. Termasuk para pemerhati, dosen dan politikus punya tugas tanggungjawab mengusahakan tatanan politik nasional yang baik dan beradab.

Sejumlah poin hasil seminar dihasilkan di antaranya pemilu tahun 2024 merupakan pemilu bersejarah. Untuk pertama kalinya 3 jenis pemilu dilaksanakan serentak di tahun yang sama dan waktu yang sangat dekat satu dengan lainnya, yaitu Pilpres, pemilihan legislatif, dan pilkada serentak. Seluruh kompleksitasnya (beban) ada di pemilu 2024 sehingga harus bisa terlaksana dengan baik.

Forum seminar juga berharap pemilu 2024 bisa lebih baik dari pemilu sebelum-sebelumnya serta tidak makan banyak korban jiwa dari petugas atau pelaksan seperti halnya terjadi pada pemilu tahun 2019 . Diharapkan pula dilakukan penyempurnaan regulasi dan implementasi pemilu serta mengoptimalkan desain pemilu tahun 2024. (Sgi)

Kredit

Bagikan