Potensi "Raksasa" Ribuan Paten Dosen PTM/A Perlu Pengembangan Ekosistem

user
agus 02 September 2022, 12:22 WIB
untitled

SEMARANG,KRJOGJA.com - Banyaknya perguruan tinggi yang dimiliki persyarikatan Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTM/A) di Indonesia (tidak kurang dari 171 buah di Indonesia dan 1 di luar negeri) menjadikan kekuatan besar tersendiri, termasuk kekuatan dan pengembangan di bidang paten dan hak kekayaan intelektual.

Namun kekuatan tersebut, termasuk banyaknya paten, paten sederhana, merk, dan desain industri harus ditindaklanjuti pula dengan sejumlah langkah. Termasuk sosialisasi, mengenalkan sampai pada hilirisasi seraya kerjasama dengan industri sehingga paten dan hak kekayaan intelektual produk para dosen dan peneliti dari perguruan tinggi Muhammadiyah Aisyiyah betul-betul membawa manfaat bagi masyarakat, bukan hanya sebagai dokumen atau tertinggi sebagai prototipe milik kampus saja.

Ekosistem paten di Indonesia perlu dikembangkan di antaranya dengan lebih gencar memamerkan ribuan paten-paten yang dimiliki PTM/A ke masyarakat termasuk dunia industri sehingga industri tertarik dan melakukan kerjasama komersialisasi dan hilirisasi produk produk hasil paten dan kekayaan intelektual karya dosen dosen PTM/A.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Majelisdiktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr Khuzaifah Dimyati MHum saat membuka Simposium Nasional "Sistem Paten Era Industri 4.0, Menuju Indonesia Berkemajuan dan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia – Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah (PTM/A) di kampus Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) Kamis (1/9/2022).

Acara kerjasama antara Asosiasi Sentra Kekayaan Intelektual

Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah

(ASKI-PTM/A),Unimus dan Majelisdiktilitbang PP Muhammadiyah ini dihadiri di antaranya Ketua Umum ASKI–PTM/A Prof Kun Harismah PhD, Rektor Unimus Prof Dr Masruki MPd, Direktur Kerja Sama DJKI Dra Sri Lastami ST MIPL, Direktur Kerja Sama DJKI Dra Sri Lastami ST MIPL dan 43 pimpinan PTM/A secara luring.

Di sela sela simposium, dilakukan peresmian website ASKI-PTM/A, peresmian Journal of Patent and Copy Right, serta penyerahan ASKI PTM/A Award 2022 untuk perguruan tinggi Muhammadiyah Aisyiyah peraih patn, paten sederhana, merk, desain industri. (Sgi)

Kredit

Bagikan