HARPI Melati Kulonprogo Ikut Lestarikan Budaya Adiluhung

user
tomi 02 September 2022, 09:51 WIB
untitled

KULONPROGO, KRJOGJA.com- Himpunan Rias Pengantin Indonesia (HARPI) Melati Cabang Kulonprogo berperan aktif ikut melestarikan budaya adiluhung.

"Salah satu upaya yang kami lakukan memberikan edukasi kepada perias junior belajar bersama tata rias pengantin Yogakarta corak Yogya Putri," kata Ketua HARPI Melati Cabang Kulonprogo, Hj Endang Kuswadi usai pelatihan, Kamis (1/9).

Dia menilai edukasi penting bagi para perias junior agar dalam menjalankan profesi mereka semakin profesional dan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku. Apalagi rias pengantin sangat kental dan berhubungan erat dengan budaya Jawa khusus Yogyakarta yang adiluhung.

"Sehingga kami mengimbau sekaligus mengajak para perias junior agar tidak pernah bosan untuk belajar merias pengantin secara benar sesuai pakemnya," jelas Hj Endang.

Di tengah derasnya arus budaya asing pada era milenial saat ini harus betul-betul bisa disikapi secara bijak, sehingga budaya lokal dalam hal ini budaya Yogyakarta tetap lestari.

"Busana atau pakaian adat pengantin Yogyakarta merupakan warisan budaya adiluhung yang harus di lestarikan sepanjang zaman. Karena itu jangan sampai perias di wilayah Yogjakarta tidak tau pakem tata rias pengantin Yogyakarta," katanya dengan nada mengingatkan. (Rul)

Credits

Bagikan