Lindungi Konsumen, Pemkab Sukoharjo Terima Penghargaan Pasar Tertib Ukur

user
tomi 01 September 2022, 10:27 WIB
untitled

SUKOHARJO, KRJOGJA.com -Pemkab Sukoharjo menerima penghargaan Pasar Tertib Ukur sebanyak 15 pasar tradisional. Pasar Tertib Ukur dapat meningkatkan citra pasar rakyat melalui kebenaran hasil pengukuran.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Kamis (1/9) mengatakan, penghargaan diserahkan oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan dan diterima langsung Bupati Sukoharjo Etik Suryani pada Rabu (31/8) bertempat di Hotel Bumi Senyiur Samarinda pada acara penganugerahan penghargaan perlindungan konsumen.

"Pemkab Sukoharjo berkomitmen untuk mewujudkan perlindungan terhadap konsumen, pelaku usaha dan masyarakat pada umumnya atas jaminan kebenaran hasil pengukuran sesuai amanat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal," jelasnya.

Etik Suryani menjelaskan, dengan Pasar Tertib Ukur dapat meningkatkan citra pasar rakyat melalui kebenaran hasil pengukuran, meningkatkan pemahaman pedagang dan pemilik timbangan serta pengelola pasar dalam membangun kepercayaan masyarakat dalam hal perdagangan yang jujur dan adil.

"Pemkab Sukoharjo mengajak kepada seluruh pemilik alat ukur, takar, timbangan dan perlengkapannya (UTTP) untuk secara rutin melakukan tera ulang setiap tahunnya. Dengan alat ukur yang akurat dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap pelaku usaha sehingga usahanya dapat tumbuh berkembang," ujarnya.

Bupati Sukoharjo mengapresiasi kerja keras dinas dan pihak terkait atas pencapaian penghargaan Pasar Tertib Ukur tahun 2022 ini. Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut mendukung terlaksananya tera dan tera ulang seperti pedagang, pelaku usaha dan masyarakat.

Pemkab Sukoharjo dalam hal ini menunjuk Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop UKM) melalui UPTD Metrologi Legal secara rutin melaksanakan kegiatan tera dan tera ulang serta pengawasan metrologi legal.

Kegiatan tera dan tera ulang bertujuan untuk menjamin kebenaran hasil pengukuran alat ukur yang digunakan untuk kepentingan publik termasuk perdagangan. Dengan tera dan tera ulang alat ukur yang digunakan untuk transaksi dapat terjaga keakuratannya sehingga tidak ada pihak yang dirugikan baik pelaku usaha maupun konsumen.

Pada tahun 2022 ini Pemkab Sukoharjo menerima penghargaan Pasar Tertib Ukur sebanyak 15 pasar tradisional. Penghargaan tersebut diperoleh Pasar Ir Soekarno Kecamatan Sukoharjo, Pasar Tanjungrejo Kecamatan Gatak, Pasar Grogol Kecamatan Grogol, Pasar Sraten Kecamatan Gatak, Pasar Cuplik Kecamatan Sukoharjo, Pasar Jamu Nguter Kecamatan Nguter, Pasar Telukan Kecamatan Grogol, Pasar Watukelir Kecamatan Weru, Pasar Tawangkuno Kecamatan Weru, Pasar Tawangsari Kecamatan Tawangsari, Pasar Mulur Kecamatan Bendosari, Pasar Kartasura Kecamatan Kartasura, Pasar Bekonang Kecamatan Mojolaban, Pasar Glondongan Kecamatan Polokarto dan Pasar Bulu Kecamatan Bulu. (Mam)

Kredit

Bagikan