Lomba Mural Dinkop UKM DIY, Inspirasi Kebangkitan KUMKM Kreatif

user
danar 01 September 2022, 05:10 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Sebanyak 16 tim seniman muda mengikuti Lomba Mural yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UKM DIY, bertemakan “Kebangkitan KUMKM Jogja Istimewa”, Selasa (30/8/2022) di Kantor Dinkop UKM DIY, Jalan HOS Cokroaminoto, Yogya.

"Tema ini menjadi inspirasi kebangkitan Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) Kreatif sekaligus menandai bangkitnya pelaku seni sebagai bagian dari pelaku usaha kreatif untuk terus memberikan inspirasi tentang produktifitas dalam berkreasi," tutur Kepala Dinkop UKM DIY Ir Srie Nurkyatsiwi MMA kepada KR di sela lomba.

Lomba di lingkungan Dinas Koperasi UKM DIY ini dimulai sejak pukul 10.00 – 16.00 WIB. Peserta dari pelajar, mahasiswa, dan umum. Meskipun peserta didominasi pelaku seni wilayah Jogja, tetapi terdapat peserta dari wilayah luar Jogja, seperti Magelang, Jakarta, dan Tulungagung.

"Harapannya, para pelaku seni melalui lomba mural pada dinding di Dinas Koperasi UKM DIY ini dapat memberikan inspirasi kreatif dan memberikan kesan tentang spirit kebangkitan dan pemberdayaan KUMKM Naik Kelas," ungkap Siwi.

Ungkapan-ungkapan kreatif dan coretan penuh warna yang sarat makna, dalam pesan mural memberikan harapan bahwa Kop dan UMKM harus bisa melintasi dan melewati kendala serta mampu menatap perubahan masa depan. Pelaku seni mampu memberikan kontribusi aktif melalui karakter mural dalam citarasa Jogja yang inklusif, toleran, dan selalu membawa angin segar dalam kreatifitas.

"Dinas Koperasi UKM DIY mencoba menginisiasi pengembangan Art-Preneur melalui lomba mural ini. Upaya kolaborasi dalam optimalisasi seni lukis mural kreatif ini dikembangkan dengan memberikan ruang kreatif untuk berekspresi," jelas Siwi.

Tim juri dalam lomba mural ini juga menggandeng stakeholder dari ISI Yogyakarta yang kompeten seperti: Fauzie Helmy, Indiria Maharsi, dan Lutse Lambert Daniel Morin. "Keterlibatan ISI Yogyakarta dalam Lomba Mural kali ini merupakan awalan dalam mengembangkan skema pendampingan Art-Preneur yang diharapkan bisa berkembang pada ranah seni budaya yang lebih besar, terpadu, dan berkelanjutan," ujarnya.

Kegiatan tersebut didanai dari dana keistimewaan dan banyak pihak yang mendukung seperti dari Toko Cat BJ Home, Koperasi-koperasi Mitra Diskop UKM DIY, Bank BPD DIY, Gojek, Hotel Tara, BPJS Ketenagakerjaan, PT Alra Makmur Cahaya ini menjadi cermin kolaborasi dari berbagai pihak untuk mewujudkan sebuah karya.

Penilaian Dewan Juri memutuskan pemenang, Juara Pertama Subki dari Rejowinangun Selatan Kota Magelang. Juara 2 Waspada dari Gamping, Sleman, Juara Ketiga Steven Lanang Yoga Brata dari Boyolangu, Tulungagung. Sedang 3 Juara Favorit yaitu Liantera Maulid Priyono dari Sleman, Mulyo Gunarso dari Sewon Bantul, dan Ridho Sembodo dari Wirobrajan, Kota Yogyakarta.

"Semoga semua insan seni yang juga pelaku ekonomi kreatif di Jogja dan seluruh wilayah Nusantara segera bangkit dan berkreasi dengan ruang yang semakin ekspresif, nyaman, toleran, dan menginspiratif untuk semua," ujarnya. (Vin)

Credits

Bagikan