Inovasi 'Drive Thru' Satlantas Polres Kulonprogo, Mudahkan Wajib Pajak Kendaraan

user
agus 01 September 2022, 07:44 WIB
untitled

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kulonprogo berkomitmen mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat. Di antara inovasi yang telah dilaksanakan oleh Unit Regident dan Identifikasi (Unit Regident) adalah Program Surat Izin Mengemudi Masuk Desa (SIMMADE) dan terobosan baru adalah pelayanan One Stop Service serta Drive Thru.

"Banyak inovasi dan pendekatan-pendekatan yang telah dilaksanakan Unit-unit Satlantas Polres Kulonprogo dengan tujuan memberi kemudahan pelayanan kepada masyarakat. Khusus pelayanan perpanjangan SIM ada Program SIMMADE (Surat Izin Mengemudi Masuk Desa) yang pelaksanaan pelayanannya setiap Sabtu malam atau malam Minggu, di luar jam kerja bertempat di Alun-alun Wates," kata Kasat Lantas Polres Kulonprogo Iptu Johan Rinto Damar Jati SH di Mapolres setempat, Rabu (31/8).

Dengan adanya pelayanan SIMMADE ungkapnya, maka masyarakat yang ingin memperpanjang masa berlakunya SIM tidak perlu lagi datang ke Kantor Satuan Pelayanan Administrasi SIM (Satpas) Polres Kulonprogo tapi cukup ke lokasi pelayanan SIMMADE pada waktu yang telah ditentukan," ujarnya.

Sementara terobosan baru di pelayanan BPKB yang diklaim baru Polres Kulonprogo yang melaksanakan program tersebut adalah One Stop Service. Proses mutasi ke luar daerah cukup di loket pelayanan BPKB dan tidak perlu di Samsat. "Jadi proses pengambilan data di Samsat dilakukan dan diselesaikan oleh anggota kami," jelas Iptu Johan DJ menambahkan proses mutasi keluar hanya membutuhkan waktu dua hari selesai.

Di Samsat tambah Kasat Lantas Iptu Johan banyak inovasi pelayanan yang mendekatkan kepada masyarakat. Di antaranya di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kulonprogo, Samsat Desa, Samsat Keliling dan yang terbaru adalah Drive Thru.

"Program Drive Thru saat ini memang baru pelayanan terhadap mobil. Jadi masyarakat tidak perlu turun dari kendaraannya, tinggal menunjukkan STNK dan KTP maka petugas kami akan langsung melayani dan mencetaknya dalam waktu tidak lebih dari tiga menit," katanya didampingi Kanit Regident Satlantas Polres Kulonprogo Ipda Bagoes Sulistiantara SH MAP.

Disinggung tentang lokasi rawan terjadi kecelakaan lalu lintas (laka lantas) yang selama ini sering terjadi yakni di Simpang Tiga Kasatrian Wates. Iptu Johan DJ akan mengupayakan solusi terbaik sehingga insiden laka lantas lokasi tersebut bisa dicegah.

"Seringnya laka lantas di Simpang Tiga Kasatrian dan menjadi viral di media sosial tentu menjadi keprihatinan kami. Sehingga dalam waktu dekat kami akan mengundang Forum Lalu Lintas dalam hal ini yang bertanggungjawab terhadap keselamatan lalu lintas di jalan. Di antaranya Dinas Perhubungan, DPUPR, Bappeda dan Kantor Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN)," tegasnya. (Rul)

Credits

Bagikan