Ganjar Pranowo: Kampus Harus Bisa Memberi Ruang Kreatif pada Mahasiswa

user
agus 01 September 2022, 06:15 WIB
untitled

SEMARANG,KRJOGJA.com - Unika Soegijapranata Semarang sedang melaksanakan Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB) 2022, 29 Agustus- 3 September 2022. Hadir pada acara ini Rektor Unika Soegijapranata Dr Ferdinandus Hindiarto MSi, para wakil rektor, para dekan dan para pejabat di lingkungan Unika.

Pada kegiatan Rabu (31/8/2022) Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hadir pada acara di lapangan Albertus Unika Soegijapranata tersebut. Ganjar Pranowo beserta istri Siti Atiqoh Supriyanti hadir menyapa para mahasiswa baru (Soegija Muda) dan memberi semangat dan dorongan semangat agar mahasiswa baru terus belajar serta berjuang dalam menjalani dunia perkuliahan.

Ganjar Pranowo berdialog dengan mahasiswa baru Unika Soegijapranata dari berbagai daerah di Indonesia. Kesukacitaan ini hadir beriringan dengan tema PTMB yang diusung oleh Unika Soegijapranata, yakni “Joyful Learning”. Sebagai sebuah institusi pendidikan, Unika Soegijapranata bertekad untuk menyiapkan para mahasiswa baru untuk bertumbuh dan berkembang dengan menghidupi semangat Talenta pro Patria et Humanitate.

Ucapan Gubernur bahwa kampus mesti lebih adaptif dan fleksibel untuk memberi ruang kreasi lebih luas pada mahasiswa selaras dengan tema PTMB. Selain itu, Ganjar itu juga turut menekankan bagaimana integritas yang hadir di dalam lingkungan Unika Soegijapranata, misalnya dalam penguatan sosial. Hal ini terlihat jelas di kampus Unika Soegijapranata dengan mahasiswa yang beragam dari berbagai daerah. Ganjar sepakat bahwasanya Unika menjadi wadah untuk membangun jejaring, integritas serta ruang diskusi yang menyenangkan untuk saling bertukar pikiran.

“Kampus menjadi tempat yang sangat menarik dengan berbagai macam unit kegiatan mahasiswa, itulah yang sebenarnya tempat untuk menjadi Hoi Aristoi, menjadi seorang leader.” ucap Ganjar.

Ganjar Pranowo juga menerangkan bagaimana kampus menjadi tempat yang menarik untuk menemui berbagai pengalaman dan pengetahuan. Hal ini dapat dimulai dari orang-orang yang dapat kita temui untuk berdiskusi, bertukar pengalaman sosial dan memunculkan integritas.

Ia juga menekankan bagaimana kampus menyediakan ruang kreatif kepada para mahasiswa yang memiliki talenta. Hal ini terlihat bagaimana Unika Soegijapranata terus menerus menggaungkan mengenai Hoi Aristoi dan mengadakan ruang belajar bertajuk Soegijapranata Learning Model (SLM). Penekannya mengenai bagaimana pentingnya leadership yang muncul saat melakukan kegiatan seperti organisasi. Kegiatan organisasi ini mendorong dan memacu nilai-nilai interpersonal dan komunikasi dalam setiap ruang aktivitas untuk mendorong para Soegija muda dapat terus berbenah dan melakukan negosiasi. (Sgi)

Kredit

Bagikan