KBIH Aisyiyah Laksanakan Pembukaan Manasik Haji

user
Tomi Sujatmiko 12 September 2022, 23:15 WIB
untitled

Krjogja.com - KULONPROGO - Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Aisyiyah Kulonprogo melakukan pembukaan Manasik Haji Tahun 2023, di SMK Muhammadiyah 3 Wates, Minggu (11/09/2022). Manasik diikuti 176 calon jemaah haji, dibuka Kepala Kankemenag Kulonprogo HM Wahib Jamil SAg MPdI.

Peserta manasik merupakan prediksi calon jemaah haji yang akan berangkat tahun 2023, merupakan kuota porsi tahun 2020 yang belum berangkat dan kuota porsi tahun 2021 yang sudah mendaftarkan Bimbingan di KBIHU Aisyiyah Kulonprogo.

Drs H Subintomo sebagai Ketua KBIHU Aiyiyah menyampaikan pelaksanaan Manasik Bimbingan Haji oleh KBIH, mensyaratkan untuk bimbingan minimal 15 kali. "Manasik awal masih model klasikal, selama beberapa kali akan disampaikan materi haji dari persiapan, pelaksanaan dan paska kepulangan. Sedangkan manasik pratiknya akan di berikan materi praktik di pesawat, dan lainnya," ujarnya.

Sementara Kepala Kankemenag HM Wahib Jamil SAg MPdI menuturkan ibadah haji adalah murni panggilan Allah, tidak ada satu manusiapun bisa mengatur yang berangkat tahun ini ataupun kapan, termasuk 2 tahun selama pandemi, kita tidak memberangkatkan.

"Tahun 2022 hanya 48 persen dari kuota biasanya, bangsa kita termasuk bangsa yang mendapatkan kuota terbesar. Sehingga jangan berkecil hati, karena dengan kehendak Allah dengan jalan yang tidak terduga bisa berangkat haji. Saat ini masa tunggu sangat panjang, apalagi dengan siskohat yang masih memakai kuota 48 persen, siskohat belum mengembalikan kuota sebelum pandemi, kuota tahun yang akan datang masih dibahas oleh otoritas Negara Arab Saudi," urai Wahib Jamil.

Untuk mempersiapkan keberangkatan dalam masa tunggu yang panjang, Kemenag Kulonprogo mengadakan program Haji Siaga, (Sinau Agama) sepanjang tahun. "Kami (Kankenenag) berterima kasih kepada KBIHU Aisyiah yang sudah bersama-sama selalu mendampingi jemaah untuk mempersiapkan segala sesuatinya sebelum berangkat haji. Dengan jemaah mengetahui lebih banyak tentang ibadah haji, akan mempermudah jemaah sendiri ketika besok melaksanakan ibadah haji di tanah suci," pungkas Wahib Jamil. (Wid)

Credits

Bagikan