Lanjutkan Proyek PLTP Dieng 2, GeoDipa Pekerjakan 40 Warga Karangtengah

user
Ivan Aditya 12 September 2022, 20:08 WIB
untitled

Krjogja.com - BANJARNEGARA - Sebanyak 40 warga Desa Karangtengah Dieng direkrut oleh PT Geo Dipa Energi (Persero) 'GeoDipa' untuk ikut serta dalam kegiatan lanjutan pembangunan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi (PLTP) Dieng Unit 2. Project Manager PLTP Dieng 2, Izzuddin, mengatakan, ke-40 tenaga kerja lokal warga Desa Karangtengah dipersiapkan untuk melakukan pekerjaan perataan bangunan pada area eks mes PLN di Dusun Krajan desa setempat.

Area tersebut merupakan wilayah kerja Proyek PLTP Dieng 2. Selain melakukan perataan bangunan, menurut Izzuddin, para pekerja lokal itu juga akan diperbantukan untuk kegiatan mobilisasi beberapa jenis material proyek seperti pipa waterline dan semen.

"Ada material seperti pipa waterline sebanyak 1.190 joints, coupling 963 pcs, serta semen yang dibutuhkan untuk percepatan pembangunan Proyek PLTP Dieng 2 yang masih tertinggal di dalam area eks mes PLN. Proyek butuh tenaga mereka untuk mobilisasi material tersebut," ujar Izzuddin.

Menurut Izzudin, dengan semakin tersedianya peluang bagi warga lokal berperan serta dalam pembangunan Proyek Dieng 2, maka selain akan menekan angka pengangguran juga dapat memberikan manfaat langsung berupa lapangan kerja serta meningkatkan kualitas SDM lokal yang terampil.

Dalam pada itu, Camat Batur Banjarnegara, Aji Piluroso mewakili Forkompinca mengatakan, ketersediaan kesempatan kerja bagi 40 bagi warga lokal Karangtengah tersebut merupakan wujud nyata kepedulian perusahaan terhadap lingkungan.

"Ini wujud nyata dan kontribusi perusahaan Geo Dipa kepada masyarakat kami, utamanya yang berada di Desa Karangtengah. Kami ikut gembira," ujarnya.

Salah satu perwakilan pekerja, Tuwardi, warga Desa Karangtengah RT 08 RW 01 juga menyambut baik kesempatan kerja di Proyek Dieng 2. "Saya mewakili rekan-rekan pekerja mengucapkan terima kasih kepada GeoDipa yang telah memberikan kesempatan kerja kepada kami," katanya.

GeoDipa merupakan BUMN panasbumi satu-satunya yang mengemban tugas Special Mission Vehicles, memiliki peran penting dalam mewujudkan program Pemerintah Indonesia untuk melaksanakan pembangunan Proyek PLTP Dieng Unit 2. Pembangunan pembangkit listrik ramah lingkungan dengan kapasitas 55 MW itu ditargetkan rampung pada 2024.

Izzuddin menambahkan, selama proses pembangunan proyek tersebut, GeoDipa selalu melakukan komunikasi dan koordinasi dengan para pemangku kepentingan termasuk dalam hal ketersediaan kesempatan kerja bagi warga lokal. (Mad)

Credits

Bagikan