Obwis Pantai Selatan Gunungkidul Bakal Ditata Ulang

user
Ivan Aditya 13 September 2022, 10:54 WIB
untitled

Krjogja.com - GUNUNGKIDUL - Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul tengah mengkaji rencana penataan ulang kawasan pantai wisata untuk program penyesuaian tarif retribusi wisata. Kaji ulang tersebut penting dilakukan mengingat Kabupaten Gunungkidul nemikiki sejumlah titik kawasan pantai.

Kepala Dispar Gunungkidul, Mohamad Arif Aldian, menjelaskan penataan diperlukan untuk memudahkan dan mengoptimalkan pelayanan retribusi. "Kami akan evaluasi agar (pantai) menjadi kawasan yang lebih kecil dan tidak membebani retribusi wisatawan," katanya.

Diakui selama ini, pelayanan retribusi wisata pantai di Gunungkidul meliputi berbagai lokasi. Sedangkan sesuai rencana yang tengah dikaji, jumlah pantai dalam satu kawasan akan dikurangi atau bahkan hanya dijadikan 1 kawasan saja.

Selain penataan kawasan pantai, juga akan meningkatkan kualitas titik-titik layanan retribusi. Penataan ini juga berpotensi berpengaruh pada tarif retribusi bagi wisatawan. "Namun kajian kami belum sampai ke situ (tarif), baru sebatas soal penataan kawasan pantai lebih dahulu," ujarnya.

Pihaknya mengklaim respon wisatawan terhadap layanan wisata pantai sejauh ini cukup positif dan belum lama ini melakukan sosialisasi soal tarif retribusi wisata pantai lewat media sosial. Sosialisasi ini juga dilakukan sebagai respon terhadap naiknya harga BBM subsidi.

Untuk saat ini tarif retribusi wisata pantai Gunungkidul memang masih kompetitif meski ada kenaikan harga BBM. Fasilitas dan
pelayanan wisata kawasan panta Gunungkidul sebelumnya juga mendapat apresuasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno saat melakukan kunjungan ke Desa Wisata Tepus.

Menurutnya, ekosistem wisata kawasan pantai Gunungkidul sudah terbangun matang. Kondisi itu terlihat dari layanan pelaku wisata hingga fasilitas yang sudah memadai "Kami akan terus tingkatkan kualitas layanan," terangnya. (Bmp)

Kredit

Bagikan