Uji Coba Tahap Kedua Rekayasa Jalan Gambiran Digulirkan

user
danar 12 September 2022, 10:50 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Uji coba rekayasa manajemen lalu lintas di Jalan Gambiran sudah berjalan dua pekan. Namun demikian mulai besok (13/9/2022) akan digulirkan uji coba tahap kedua dengan memperbolehkan sepeda motor melintas dua arah.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Yogya Golkari Made Yulianto, membenarkan hal tersebut. Menurutnya, uji coba tahap pertama dilakukan pada 30 Agustus hingga 12 September 2022.

"Akan kami lanjutkan dengan uji coba tahap kedua pada 13 September," jelasnya, Minggu (11/9/2022).

Rekayasa manajemen lalu lintas di Jalan Gambiran tersebut berupa kebijakan penerapan jalan searah dari sebelumnya dua arah. Dalam uji coba tahap kedua akan ada sejumlah perbedaan kebijakan dibanding saat uji coba tahap pertama. Pada uji coba tahap pertama, kebijakan jalan searah ke arah selatan berlaku untuk seluruh jenis kendaraan tanpa terkecuali. Sedangkan pada uji coba tahap kedua hanya akan diberlakukan untuk kendaraan roda empat atau lebih.

"Artinya, sepeda motor tetap diperbolehkan melaju dua arah. Ini sesuai usulan dari masyarakat yang disampaikan beberapa hari lalu," imbuhnya.

Dirinya juga menjamin setiap masukan dari masyarakat tetap akan ditampung. Pasalnya Dinas Perhubungan memperhatikan banyak aspek dalam penerapan kebijakan jalan searah. Selain aspek kinerja jalan dan keselamatan, juga pada aspek sosial ekonomi masyarakat. Sejumlah warga sebelumnya mengadu ke Kantor Dinas Perhubungan terkait dampak penerapan jalan searah di Jalan Gambiran.

Selain itu, Komisi C DPRD Kota Yogya juga menerima masukan dari masyarakat perihal kebijakan tersebut. Warga kemudian mengusulkan agar kebijakan jalan searah hanya diterapkan untuk kendaraan roda empat atau lebih, sedangkan sepeda motor diperbolehkan melaju dua arah.

Meskipun diperbolehkan melaju dua arah, namun pengguna sepeda motor tetap harus mematuhi rambu-rambu yang sudah dipasang. Terutama rambu larangan berbelok kanan dari Jalan Gambiran ke Jalan Pramuka. Titik tersebut dinilai sangat rawan kecelakaan sehingga dipasang rambu larangan berbelok ke kanan demi keselamatan berkendara.

Selain itu, Golkari juga menegaskan agar masyarakat tidak memarkir kendaraannya di tepi Jalan Gambiran sehingga arus lalu lintas tetap lancar. Pihaknya akan terus memantau kinerja lalu lintas selama uji coba dilakukan.

"Untuk sementara ini, kinerja Jalan Gambiran setelah diterapkan searah semakin membaik," tandasnya.

Dinas Perhubungan Kota Yogya mencatat, dengan penerapan searah maka kepadatan lalu lintas di Jalan Gambiran berkurang dari sebelumnya 0,9 menjadi 0,5 atau menjadi lancar. Uji coba tahap kedua akan terus dipantau dan harapannya kondisi lalu lintas tetap lancar. (Dhi)

Credits

Bagikan