Unissula Kukuhkan Dr Edi Slamet Irianto SH MSi Sebagai Profesor Kehormatan

user
agus 12 September 2022, 04:21 WIB
untitled

SEMARANG,KRJOGJA.com - Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang melalui Rektor Unissula Prof Dr Gunarto SH MHum mengukuhkan profesor kehormatan untuk Prof Dr Edi Slamet Irianto SH MSi di bidang ilmu hukum di kampus Unissula, Jumat (9/9/2022). Acara dihadiri jajaran pejabat perpajakan di pusat dan daerah dan ketua yayasan badan wakaf sultan agung, Hasan Thoha Putra.

Rektor Unissula menyatakan pemberian gelar kehormatan kepada Edi Slamet Irianto yang juga Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jakarta Utara karena yang bersangkutan dianggap memberikan kontribusi pemikiran yang penting untuk perubahan yang lebih baik, menghasilkan gagasan untuk regulasi baru dalam perpajakan di Tanah Air.

"Juga melahirkan metode pengawasan perpajakan dan konsultasi perpajakan sehingga perpajakan di Indonesia bisa dicegah dari KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme)" ujar Rektor.

Sementara itu pada pidato pengukuhannya, Prof Edi Slamet Irianto menyampaikan politik hukum pajak sebagai suatu keinginan atau cita-cita luhur negara, yang dituangkan menjadi kebijakan dasar perpajakan, dari pemerintahan suatu negara, dalam menentukan arah pembangunan hukum pajak, jenis dan substansi hukum pajak yang akan dibentuk, diganti, diubah atau dicabut.

Hal ini meliputi bagaimana implementasi dan penegakan hukum pajak, yang cocok dan sesuai dengan perkembangan, serta kebutuhan masyarakat bangsa dan negara Indonesia.

”Politik hukum pajak bukan hanya mencakup politik hukum pajak formal, melainkan juga politik hukum pajak material. Ukuran cocok dan sesuainya sesuatu itu, tidak bisa lepas dari pandangan dan ideologi negara yang bersangkutan. Oleh karena itu, politik hukum pajak Indonesia harus cocok dan sesuai dengan Pancasila dan Konstitusi negara UUD NRI tahun 1945,” jelas Prof Dr Edi Slamet Irianto SH MSi. (Sgi)

Kredit

Bagikan