Peringati Haornas, SMAN 1 Imogiri Tampilkan Kreatifitas Siswa Melalui Kearifan Lokal

user
agus 10 September 2022, 14:30 WIB
untitled

BANTUL, KRJOGJA.com - Keluarga besar SMAN 1 Imogiri Bantul menyelenggarakan gerak jalan dikolaborasi dengan fashion show menempuh jalan sekitar 4 Km menelusuri jalur pedesaan sekitar wilayah SMAN 1 Imogiri. Kegiatan tersebut digelar Jumat (9/9) untuk menyemarakkan Hari Olah Raga Nasional (Haornas) 2022 dan diikuti sekitar 700 peserta meliputi semua siswa SMAN 1 Imogiri, guru, pegawai dan komite sekolah.

Kepala SMAN 1 Imogiri Tri Lestari SPd MPd setelah melepas peserta gerak jalan fashion show dari depan SMAN 1 Imogiri memaparkan, SMAN Negeri Imogiri, secara rutin setiap tahun menggelar kegiatan tersebut. Tetapi saat dihantam pandemi Covid selama 2 tahun, semua kegiatan fisik ditiadakan.

"Baru tahun 2022 ini kegiatan dimulai lagi, setelah ada kelonggaran, tetapi semua peserta tetap mematuhi protokoler kesehatan, karena PPKM belum dicabut, " papar Tri Lestari.

Penyelenggaran peringatan Haornas 2022, juga memberikan kebebasan siswa atau anak untuk berkreasi membuat maskot masing- masing kelas berupa pakaian dengan memamfaatkan barang bekas. "Hasilnya cukup bagus dan mampu menunjukkan kekreatifitas siswa," imbuh Sri lestari.

Pakaian berbahan barang bekas selain diikutkan dalam masing regu kelas, juga ditampilkan dalam fashion show di panggung halaman sekolah. Kegiatan lain, ada bazar makanan olahan tradisional yang disajikan masing- masing kelas.

Kegiatan Haornas SMAN 1 Imogiri tidak lepas dari kegiatan Sekolah Penggerak. Karena SMAN 1 Imogiri merupakan salah satu SMA yang telah melaksanakan Sekolah Penggerak di Bantul dengan menonjolkan kearifan lokal, yakni melestarikan budaya yang ada di wilayah Imogiri. Utamanya keberadaan makam raja-raja dan makam seniman.

Sementara lomba beberapa jenis cabang olah raga juga digelar di SMAN 1 Imogiri dengan diikuti guru dan siswa. (Jdm)

FOTO : KR- Judiman

(Pelepasan peserta gerak jalan SMAN 1 Imogiri dilepas kepala sekolah ).

Credits

Bagikan