Ciptakan Ketahanan Pangan Lanal Yogyakarta Kembangkan Tanamam Sorgum

user
Ary B Prass 09 September 2022, 12:57 WIB
untitled

BANTUL, KRJOGJA.com - Gerakan Penanaman Sorgum nasional tahun 2022 dalam rangka HUT ke-77 TNI Angkatan Laut digelar oleh Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta di Kawasan Pantai Samas Srigading Sanden Bantul, Jumat (9/9/2022).

Tahun ini program tersebut mengambil tema 'Melalui Penanaman Sorgum Nasional TNI Bersama Rakyat Siap Membangun Kejayaan Maritim untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat'.

Dalam acara tersebut juga dihadiri Palaksa Lanal Yogyakarta Letkol Laut (P) Agus Sulistyo Budi, SH,

Komandan Pos TNI AL Samas, Peltu Marinir Y Ari Prabowo, Kapolsek Sanden AKP Haryanto SH, Lurah Srigading Prabawa Suganda,

Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (KH/W) Damayanti, SH MM CHRMP mengatakan, rangkaian kegiatan  HUT TNI Angkatan Laut  ke-77,  tahun 2022 salah satunya dilaksanakan penanaman sorgum serentak secara  nasional.

"Untuk Lanal Yogyakarta ini ada sekitar 1.000 meter meter lahan,  yang nanti akan ditanami ada 800 meter.  Kemudian nanti akan dikembangkan lagi mudah-mudahan nanti berhasil," ujar Damayanti.

Dijelaskan, dalam pengembangan komoditas  sorgum, Lanal Yogyakarta sejauh ini  masih di kawasan Samas. Namun kedepan tidak menutup kemungkinan bakal dikembangkan di daerah lain. Namun sekarang baru dicoba dikawasan Pantai Samas.

"Ini (penananam sorgum-red) masuk cluster ekonomi,  dengan program  penanaman ini maka akan meningkatkan komoditas produk pertanian. Artinya secara tidak langsung dapat menciptakan ketahanan pangan akan tercapai," ujarnya.

Damayanti optimis  massa panen akan teralisasi 100 hari setelah penanaman.  Dalam penanaman sorgum tersebut juga melibatkan semua elemen masyarakat. Mulai dari pemerintah Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden, jajaran Polair Polda DIY,  siswa SMK N 1 Sanden serta okoh masyarakat kawasan Samas.  (Roy)

Credits

Bagikan